Serikat Nelayan NU – Pemda Mubar Pererat Sinergi Disektor Kelautan dan Perikanan

Oyisultra.com, MUNA BARAT – Pengurus Daerah Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (PD SNNU) Muna Barat (Mubar) kembali mempererat sinergitas dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dalam hal pengembangan potensi di sektor kelautan dan perikanan, Kamis (16/02/2023)

Pada pertemuan yang berlangsung dalam suasana akrab di Dinas Perikanan dan Kelautan Mubar, Ketua PD SNNU Mubar, Dedi Tarly, S.Pd didampingi Bendahara PD SNNU Mubar, Khalid Al Hadring Smith, S.Pd., M.M melakukan diskusi bersama Sekertaris Dinas Perikanan dan Kelautan Mubar, Memy Willystiani, S.Pi dan Kabid Pengembangan Usaha Perikanan Budidaya, Subakti, S.Pi., M.Ma terkait program-program pengembangan masyarakat daerah pesisir dan pemanfaatan potensi di sektor kelautan dan perikanan.

Disela kunjungan PD SNNU Mubar, Sekertaris Dinas Perikanan dan Kelautan Mubar, Willystiani mengapresiasi kunjungan yang dilakukan lansung oleh Ketua SNNU Mubar, menurutnya potensi perikanan Mubar dalam hal perikanan dan kelautan sangat banyak, dan Mubar sendiri telah diakui sebagai penyumbang terbesar untuk Sultra dalam hal komoditas kepiting rajungan.

“Banyak potensi yang bisa dikelola mulai dari udang, rumput laut, lobster hingga ikan dan kalau ini dikelola dengan baik, tidak menutup kemungkinan akan menjadi sumber bagi pemasukan daerah terutama nelayan-nelayan di Mubar”, ucapnya.

Selain itu, Kabid Pengembangan Usaha Perikanan Budidaya, Subakti juga menambahkan, bahwa untuk Pemda Muna Barat sendiri sudah melakukan pembuatan kelompok-kelompok nelayan yang tersebar di beberapa wilayah Mubar dan pihaknya secara rutin melakukan sosialisasi dan pelatihan untuk mengembangkan kemampuan nelayan-nelayan khususnya kelompok yang dibina lansung Dinas Perikanan dan Kelautan Mubar.

Pelatihan dan sosialisasi rutin kami laksanakan, termaksud pemberian bantuan bibit, kapur, dan juga alat-alat penunjang produksi nelayan-nelayan, tetapi karena beberapa keterbatasan masih ada beberapa program yang belum maksimal terlaksana, untuk itu kami sangat menghargai tujuan kunjungan PD SNNU Mubar untuk secara bersama-sama mengembangkan potensi perikanan dan kelautan Mubar, lanjutnya.

Disatu sisi, Ketua PD SNNU Mubar, Dedy mengatakan, bahwa pertemuan awal dengan Pemda merupakan upaya awal PD SNNU Mubar untuk bersillaturahmi dan secara bersama-sama memajukan sektor perikanan dan kelautan daerah, sehingga kesejahteraan masyarakat nelayan dapat lebih terjamin lagi.

Pria yang akrab disapa Dirly ini, menerangkan bahwa nelayan masyarakat pesisir sering kali terabaikan. Ini mengindikasikan bahwa profesi nelayan khususnya nelayan kecil dan tradisional dianggap belum memberikan jaminan kesejahteraan dibanding profesi lainnya. Untuk itu, kami (SNNU) ) sebagai badan otonom resmi yang berdiri digagas pada Muktamar Nahdlatul Ulama ke-33 di Jombang tahun 2015, ingin berkontribusi langsung turun ke lapangan agar nelayan di daerah kita tercinta Muna Barat bisa lebih maju dan sejahtera.

“SNNU hadir sebagai bentuk kepedulian Nahdlatul Ulama dalam memperjuangkan taraf hidup masyarakat nelayan pesisir dan pelaku usaha perikanan sebagai hak atas kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia,” tuturnya.

Diwaktu yang sama, Bendahara PD SNNU Mubar, Khalid Al Hadring menegaskan, bahwa sebagai kabupaten baru, Mubar mempunyai potensi ekonomi yang tinggi dari sektor kelautan dan perikanan jika dikeloka dengan baik dan benar. Untuk itu, perlu adanya perencanaan perlindungan dan pengelolaan sumber daya perairan yang matang.

“Bicara sektor kelautan dan perikanan sudah menjadi tanggung jawab setiap stakeholder, tanpa terkecuali SNNU, Pemda Mubar, organisasi kemasyarakatan yang mewadahi nelayan dan masyarakat pesisir untuk keberhasilan pembangunan berhaluan kelautan dengan menjadi poros maritim khususnya di Sultra yang mengedepankan prinsip kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat nelayan,” tandasnya.

Penulis : AWAL
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *