Terbebas BABS, Belasan Kecamatan dan Puskemas di Konsel Dapat Penghargaan dari Bupati

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga memberikan penghargaan kepada 19 Kecamatan dan Puskesmas kategori Open Defecation Free (ODF) atau terbebas dari buang air besar sembarangan (BABS).

Penyerahan Penghargaan itu diserahkan saat acara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 yang dihadiri para kepala OPD, Forkopimda di Auditorium Lantai 3 Kantor Bupati Konsel. Kamis (22/12/2022).

Selain penghargaan, Bupati Konsel dua periode ini juga menyerahkan dua unit mobil Ambulance untuk Puskesmas Andoolo dan Palangga Selatan.

Bupati Surunuddin mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada 19 Kecamatan dan Puskesmas menujukkan grafik peningkatan kesejahteraan masyarakat Konsel dari desa tertinggal menjadi desa maju, yang dulunya masih BABS sekarang sudah menggunakan jamban.

“Hal ini salah satu wujud dari program Konsel dengan visi misi Desa Maju Konsel Hebat,” kata Surunuddin.

Untuk mendukung program itu, lanjut politisi golkar ini meminta kepada instansi atau sektor terkait bersama-sama mensosialisasikan program Pemkab Konsel menuju masyarakat yang sehat dan cerdas.

“Untuk mencapai itu tentunya kerja sama sektor terkait ini sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konsel dr Boni Lambang Pramana menjelaskan, bahwa ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam masyarakat tidak buang air besar sembarangan.

Kata Dokbon sapaan akrabnya, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini
harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

“Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban sehat harus mencapai 100% pada seluruh masyarakat,” terangnya.

Ketua PSSI Konsel ini menambahkan, indikator Desa ODF atau Kecamatan ODF ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan sehat dan
kehidupan yang baik dengan menerapkan hidup bersih dan sehat.

Adapun 19 Kecamatan dan Puskesmas yang diberikan penghargaan masing-masing Kecamatan Angata, Laonti, Palangga Selatan, Lainea, Kolono, Palangga, Landono, Ranomeeto Barat, Ranomeeto, Konda, Moramo, Baito, Basala, Mowila, Lalembuu, Buke, Andoolo, Wolasi dan Kecamatan Sabulakoa.

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *