KPU Konsel Segera Buka Pendaftaran PPS, Ini Jadwalnya

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Setelah selesai membuka rekrutmen badan ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menjadwalkan pembukaan pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa/kelurahan pada Pemilu serentak 2024 mendatang.

Pengumuman resmi rekrutmen calon PPS tersebut akan dimulai pada 16 Desember 2024 mendatang, dan dua hari setelahnya (18/12) masuk jadwal penerimaan pendaftaran hingga 27 Desember 2022.

Proses pendaftarannya dilakukan online sama seperti rekrutmen PPK, yakni melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA).

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Konsel, Seni Marlina SH.

“Insyaallah kita mulai sosialisasi itu tanggal 16 Desember 2022 dan penerimaan pendaftaran pada 18 Desember 2022. Kami menyampaikan kepada masyarakat sekaligus mengajak mereka supaya mendaftar menjadi PPS,” kata Kordiv SDM dan Parmas KPU Konsel, Seni Marlina kepada awak media saat ditemui di Kantor KPU Konsel usai melaksanakan seleksi wawancara hari pertama bagi calon PPK, Minggu (11/12/2022).

Kata dia, terkait para pendaftar calon PPK yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) pada seleksi berkas dan tidak lolos lima besar maka mereka bisa mendaftar kembali di PPS.

“Termasuk yang ini PPK yang tidak lolos ditahapan tertulis ini bisa mendaftar kembali di PPS, satu akun itu bisa PPS maupun PPK. Jadi kita menjaring banyak ini persiapan juga untuk PPS,” bebernya.

Selain itu, Seni sapaan akrabnya menambahkan, poin penilaian pada tes tertulis di PPS ini sama seperti perankingan di PPK yaitu mengambil nilai tertinggi peserta sampai nilai terendah sesuai 3 (tiga) kali kebutuhan perdesa.

“Kebutuhannya sama 3 kali kebutuhan, kalau 3 orang perdesa berarti 9 kita butuhkan untuk lolos CAT. Begitu pula wawancara 6 (enam) orang, 2 kali kebutuhan yang ditetapkan 3 dan selebihnya itu untuk persiapan PAW,” pungkasnya.

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *