Pemilu 2024, Bawaslu Konsel Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Awasi Pemilu

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Dalam rangka mengajak masyarakat berpartisipasi dalam Pengawasan Pemilu, Badan Pengawas Pemilihan Umun (Bawaslu) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada pemilu serentak tahun 2024 di Hotel Wonua Monapa Resort Ranomeeto. Jum’at (9/12/2022).

Pengawasan Partisipatif merupakan wadah kolaborasi antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan masyarakat dalam meningkatkan fungsi pencegahan dan pengawasan.

Ketua Bawaslu Konsel Hasni, S.Pi MH mengatakan, pengawasan partisipatif sangat penting dalam rangka menekan pencegahan sehingga pelanggaran pemilu dapat diminimalisir dengan berkolaborasi bersama masyarakat.

Sebelum mengajak, kata Hasni, seluruh pengawas tingkat kecamatan, desa dan kelurahan harus dibekali dengan pedoman perbawaslu tentang tugas fungsi dan wewenang kepengawasan.

“Berangkat dari diri kita sendiri untuk memperbaiki demokrasi sebelum kita mengajak masyarakat turut serta berperan dalam mengawasi pemilu, sering-sering tinjau lapangan lakukan edukasi utamakan tentang pencegahan,” imbau Koordinator Organisasi dan SDM dihadapan 75 pengawas kecamatan se-Konsel.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Konsel Awaludin AK S.Hi menilai, bahwa data partisipasi publik dalam menyampaikan laporan dugaan pelanggaran Pilkada 2020 lalu baik dari WNI dan peserta Pemilu, dibandingkan temuan Bawaslu sendiri masih jauh persentasenya termasuk Pemantau Pemilu yang belum sama sekali menyampaikan secara resmi ke Bawaslu Konawe Selatan.

“Ini informasi publik jadi kami sampaikan berdasarkan data yang ada di kami,” ujar Awaludin.

Senada dengan itu Anggota Bawaslu lainnya Muammar SP menegaskan, sosialisasi seperti ini sudah dilakukan namun belum banyak mendapat keterlibatan penuh dari masyarakat untuk memberikan sumbangsih dalam mengawal pemilu yang sehat.

“Oleh karena itu melalui kegiatan ini, selain sebagai evaluasi kinerja Panwas dalam pembenahan internal, kami tengah menggandeng Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) untuk memberikan materi tentang partisipasi masyarakat melalui pendekatan perspektif agama dan tidak menutup ruang bagi universitas lainnya menjadi mitra kita kedepan,” terang Kordiv HP2H itu.

Diketahui kegiatan ini digelar selama sehari dengan melibatkan seluruh Pengawas Pemilihan Umum se-Kabupaten Konawe Selatan beserta Dosen dan mahasiswa UMK.

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *