Gubernur Ali Mazi Resmi Buka Porprov ke-XIV Sultra 2022

Oyisultra.com, BUTON – Gubernur H Ali Mazi SH resmi membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XIV Sulawesi Tenggara (Sultra) 2022 yang dilaksanakan di Kabupaten Buton dan Kota Baubau. Sabtu (26/ 11/22) malam.

Kegiatan olahraga empat tahunan ini mempertandingkan sebanyak 43 cabang olahraga (Cabor) dengan diikuti 17 kabupaten/kota se-Sultra.

Diperkirakan jumlah atlet yang mengikuti acara ini mencapai lebih dari 17 ribu orang kontingen defile dari 17 kabupaten/kota.

Sebanyak 500 penari kolosal tampil memukau memeriahkan acara pembukaan. Diawali dengan penampilan marching band Gita Takawa Buton dan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Puluhan ribu warga memadati alun-alun yang tak ingin ketinggalan untuk menyaksikan momen itu.

Gubernur Ali Mazi dalam sambutannya mengatakan, Porprov Sultra ini merupakan wujud keseriusan pemerintah Sultra dalam menjalankan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pekan olahraga.

Menurutnya, penyelenggaraan Porprov merupakan bagian dari implementasi prioritasnya bersama wakilnya H Lukman Abunawas (Aman), khususnya di bidang olahraga yang dikemas dalam program Sultra sehat dan produktif, sehingga mewujudkan Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat.

“Porprov, PON dan event olahraga lainnya, adalah upaya pembinaan serta mengukir kemampuan para atlet di daerah yang bermuara pada terwujudnya prestasi olahraga,” ujar Gubernur Ali Mazi dalam sambutannya.

Perlu diketahui, kata Ali Mazi, penyelenggaraan Porprov berdampak pada pencapaian medali atlet Sultra pada PON ke-XX tahun 2021 di Provinsi Papua. Dimana pada event olahraga tersebut Sultra mampu menempati posisi ke-20 naik 4 peringkat dari pencapaian pada PON ke-19 tahun 2016 yang hanya berada diperingkat ke-24.

“Olehnya itu, saya selaku pimpinan daerah tentu sangat berharap pada Porprov ke–XIV ini yang dilaksanakan di Kabupaten Buton dan Kota Baubau juga dapat terselenggara dengan baik, aman, lancar dan sukses dengan dukungan semua stakeholder terkait dalam rangka memberi kesempatan pada masyarakat Sultra untuk berjuang meraih prestasi terbaik di daerah ini,” tuturnya.

Gubernur berharap, agar semangat para atlet dari 17 kabupaten/kota bisa terus membara seperti yang dipancarkan api Porprov. Sehingga para atlet Sultra kedepan dapat berjaya pada ajang PON yang ke–21 di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024 mendatang, serta event olahraga yang berskala internasional.

“Semoga melalui Porprov ini lahir atlet-atlet berprestasi yang tidak hanya mengharumkan nama dan mengangkat martabat daerah Sultra, akan tetapi bangsa Indonesia di mata dunia, seperti prestasi yang diraih atlet bulutangkis kebanggaan bangsa asal Sultra yaitu Apriani Rahayu,” harapnya.

Penulis : JSR
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *