Program Kurikulum Merdeka, SDS Katolik Pelangi Kendari Kenalkan Tari Tradisional ke Peserta Didik

Oyisultra.com, KENDARI – Sekolah Dasar Swasta (SDS) Katolik Pelangi Kendari mengadakan permainan dan pengenalan tari tradisional yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (26/11/2022).

Kegiatan tersebut dengan mengangkat tema ‘Kearifan lokal’ dengan diikuti perserta didik mulai dari kelas 1 (satu) sampai dengan kelas 3 (tiga).

Kepala Sekolah SDS Katolik Pelangi Kendari, Hilarius Jon mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah salah satu program kurikulum merdeka yang diprogramkan oleh pemerintah dan memilih program tersebut untuk kearifan lokal.

“Jadi kami mengangkat tema tahun ini tentang kearifan lokal budaya yang ada di Sulawesi Tenggara,” ujar Hilarius saat ditemui diruanganya.

Lanjutnya, untuk program tahun depan pihaknya akan memilih tema kegiatan yang lain, supaya para peserta didik bisa menambah ilmu pengetahuan.

“Kami memperkenalkan pakaian adat, makanan khas tradisional dan permainan tradisional Sultra,” katanya.

Selain itu, ia juga memperkenalkan musik khas Sulawesi Tenggara seperti, musik bambu.

Kata dia, sebagai kepala sekolah pihaknya berkomitmen tetap milih kearifan lokal dalam projek penguatan profil pelajaran pancasila di SDS Katolik Pelangi Kendari.

“Adatnya ada dari Buton, Muna, dan Tolaki. Jadi itu dilakukan disini ada tim P5 ini sehingga kegiatan ini akan berlanjut,” jelasnya.

Hularius menjelaskan, Ini salah satu kegiatan yang akan membuat rapor P5 dan nantinya dibagi pada kenaikan kelas semester.

“Untuk kurikulum merdeka itu ada kelas 1 sampai kelas 3. kegiatan ini akan berlanjut dan wajib mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 dilaksanakan,” pungkasnya.

Penulis : YAN
Peblisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *