Saswal Ukba: Sederet Tugas dan Harapan Untuk Pj Bupati Muna Barat

Oyisultra.com, MUNA BARAT – Sejak mengambil sumpah jabatan pada 27 Mei 2022 lalu sebagai Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Bapak Dr. Bahri langsung tancap gas untuk membangun daerah otonom yang telah berusia 8 tahun itu.

Daerah yang terbilang masih berusaha menanjak menuju puncak kemajuan, seperti daerah-daerah lain menjadi harapan bersama terutama masyarakat Muna Barat.

Hal ini diungkapkan oleh, Saswal Ukba yang merupakan salah satu mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia (UI) yang berasal dari Kabupaten Muna Barat.

Saswal menjelaskan, terkait dengan sederet tugas yang harus diselesaikan oleh Pj Bupati Muna Barat saat ini, seperti keterbatasan akses telekomunikasi internet dan seluler, gedung-gedung pemerintahan yang belum memadai, potensi komoditas holtikultura masyarakat yang masih mandek untuk digaungkan, sektor perikanan dan peternakan yang belum terkelola.

Kata dia, potensi sumber daya manusia (SDM) anak-anak muda untuk perlu disokong dari segi pendidikan, serta masih banyak lagi. Sederet problem tersebut perlu diurai menjadi harapan dan angin segar bagi masyarakat di tangan Pj Bupati.

“Problem demikian perlu dieksekusi oleh orang yang tepat tentunya. Delapan tahun beragam potensi itu didiamkan, diacuhkan tak dihiraukan oleh kepemimpinan bupati sebelumnya,” ungkap Saswal.

Ketua DPC GMNI Kota Kendari itu menganggap, Kabupaten Muna Barat memiliki beragam potensi yang akan menjadi sebuah keunggulan yang luar biasa bagi pendapatan asli daerah (PAD). Hal ini bisa saja akan menjadi penyuntik dari APBD daerah yang belum mencapai Satu Triliun atau hanya sekitar Rp. 653 Miliar lebih pada tahun anggaran 2021.

“Saya pikir soal pengelolaan anggaran daerah, sudah tidak bisa diragukan lagi untuk dikalkulasi lebih jauh,” ujarnya.

Ia berharap, dengan kepemimpinan Dr Bahri yang merupakan seorang Pejabat Direktur Perencana Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negri (KEMENDAGRI), yang dalam hal ini sudah matang soal itu, soal hitungan pendapatan, belanja, dan pembiayaan daerah.

“Minimal sudah terkelola di benak Pj Bupati Muna Barat bapak Bahri dalam menyetir arah pembangunan daerah Muna Barat sampai pada tahun 2024,” pungkasnya.

Penulis : NANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *