Studi Banding di Muna, Wakil Bupati Brebes: Kami Mencari Inovasi Tentang Penanganan Kemiskinan

Oyisultra.com, MUNA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melaksanakan studi banding di Pemkab Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Rombongan Pemkab Brebes dipimpin Wakil Bupati Narjo, S.H., M.H, dan diterima langsung Bupati Muna LM Rusman Emba, didampingi Wakil Bupati Bachrun Labuta, Sekda Eddy Uga, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta pengurus KNPI Muna. Bertempat diruang kerja Kantor Bupati setempat. Jum’at (28/10/2022).

Dalam sambutannya orang nomor dua di Pemkab Brebes ini menyampaikan, bahwa maksud kedatangannya di Kabupaten Muna guna melaksanakan studi banding untuk mencari inovasi-inovasi dalam mengurangi angka kemiskinan.

“Maksud kedatangan kami untuk belajar dengan mencari inovasi tentang penanganan kemiskinan, sehingga kami dapat terapkan di Brebes,” imbuhnya.

Narjo menyebut, Muna sebagai kabupaten yang dapat dijadikan tempat untuk mencari inovasi. Karena, selain penurunan angka kemiskinannya, Muna juga berkembang melalui sektor pangan, perikanan dan lebih utama melalui sektor pariwisata.

“Saya menganggap Kabupaten Muna ini hebat dengan sektor pariwisata daerahnya yang masih bagus, sehingga kemiskinannya menjadi turun,” sebutnya.

Selanjutnya Wakil Bupati Brebes dua periode itu menjelaskan kepada media tentang profil Kabupaten Brebes. Ia menerangkan, bahwa Kabupaten Brebes merupakan wilayah terluas dan terpadat di Jawa Tengah dengan penduduk kurang lebih 2 juta jiwa dengan mata pencaharian utamanya adalah sektor pertanian.

“Dua juta jiwa ini merupakan penduduk yang banyak, Kabupaten Brebes 60 persen mata pencaharianya adalah bertani yang kebanyakan petani bawang merah, padi, palawija dan sebagainya, yang mana bawang merah itu 40 persen untuk stok nasional,” terang Narjo.

Narjo manambahkan, mengenai sektor peternakan adalah telur bebek, disamping itu juga sesuai Keputusan Presiden (Kepres) Kabupaten Brebes ditetapkan menjadi kawasan industri.

“Alhamdulillah banyak investor pabrik-pabrik yang datang disana, terutama pabrik sepatu. Angka kemiskinan di Brebes masih terbilang tinggi yaitu 16 persen,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Muna Rusman Emba menyebut, saat ini Pemkab Muna sedang mengembangkan sektor pertanian dengan membangun pabrik jagung di Kecamatan Kabawo. Hal ini diharapkan dapat menurunkan angka kemiskinan.

Selain itu, tambah Rusman, dari sektor pariwisata akan terus di benahi. Terutama ekonomi kreatif melalui tenun Masalili.

Penulis : EBIT
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *