Alvin Akawijaya Resmi Lantik Pengurus KNPI Butur Periode 2022-2025

Oyisultra.com, BUTON UTARA – Ratusan pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2022-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) DPD KNPI Sultra Nomor 020/DPD/KNPISultra/2022.

Sebanyak 134 pengurus KNPI Butur itu dilantik langsung Ketua KNPI Sultra, Alvin Akawijaya Putra. Jum’at, 28 Oktober 2022 di Gedung Islamic Center Minaminanga, Kulisusu.

Dalam agenda ini ikut dihadiri, Wakil Bupati Butur, Ahali, Ketua KPU Butur, eks Ketua KNPI Butur, Alias Dadi Agusman, sekretaris KNPI Sultra, Muh Daulat serta tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Butur, Ahali saat memberikan sambutan mengatakan, KNPI sebagai organisasi kepemudaan memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengoptimalkan peran penting dan strategis dalam menjalankan fungsi sosial politik baik sebagai agen perubahan, kontrol sosial, penguatan moral, penjaga nilai kebangsaan maupun sebagai penerus estafet kepemimpinan di masa mendatang.

“Pemuda tidak hanya sekedar cerdas dan terampil, tetapi juga berkarakter dan berwawasan kebangsaan. Olehnya itu saya harap pemuda di Buton Utara menjadi manusia-manusia tangguh yang mampu menjawab berbagai tantangan dan dinamika zaman. Sehingga, bisa menjadi penerus kepemimpinan kedepannya,” ucapnya.

Dikesempatan yang sama, Alvin Akawijaya sangat memuji kinerja dari seluruh pengurus KNPI Butur yang telah sukses menggelar beberapa agenda, baik itu terkait dengan hari Sumpah Pemuda maupun persiapan pelantikan. Ia bahkan memberikan jempol kepada Ketua KNPI Butur yang baru saja dilantik.

“Apresiasi yang baik saya berikan kepada seluruh panitia, ini salah satu acara pelantikan paling sukses dan terbaik. Saya ajukan jempol kepada ketua KNPI Buton Utara yang baru saya lantik, pak Mazlin,” ujarnya.

Di Butur sendiri, kata Alvin tidak ada dinamika antara KNPI-KNPI lainnya. “Saya kira ini hal baik. Saya juga harap kepada pengurus dan ketua untuk menjauhi masalah-masalah yang tidak penting,” harapnya.

Dikesempatan ini, Alvin menguraikan kalau KNPI yang tengah dinakhodainya itu mempunyai izin SK Kemenkumham serta mempunyai nomor seri.

“Jadi tidak ada KNPI-KNPI lain. Jadi KNPI pak Mazlin ini yang berhak mendapatkan danah hibah dari pemerintah Buton Utara,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Butur, Mazlin usai dilantik mengungkapkan, DPD KNPI Butur sebagai wadah berhimpun, wadah kaderisasi serta wahana partisipasi seleuruh elemen pemuda Indonesia di Butur, dalam perjalannanya dituntut untuk senantiasa responsif terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.

“Maka dibutuhkan keseragaman gerak antara DPD KNPI Butur dijajaran pemuda Butur, sehingga terciptanya pola kerja yang sinergisitas antara KNPI Butur dengan pemerintah,” katanya.

Dalam rangka itu, konsolidasi orgaisasi di tingkat kecamatan dan OKP merupakan target kita dalam upaya menjadikan KNPI sebagai ujung tombak generasi muda dalam proses pembangunan di tingkat kabupaten, sekaligus sebagai penopang KNPI Butur dalam menjalankan roda organisasi,” ujarnya.

Pelantikan pengurus KNPI Butur hari ini, sambung Mazlin merupakan legalitas formal organisasi dan juga merupakan babak awal perjalanan kepengurusan dalam mengimplementasikan kerja-kerja organisasi.

“Untuk itu dengan prosesi pelantikan tadi, selaku ketua KNPI Butur mengucapkan selamat beraktivitas bagi pengurus KNPI Butur periode 2022-2025,” tuturnya.

Mazlin mengimbau agar soliditas dan solidaritas perlu dijaga dalam kepengurusan, karena iklim organisasi sangat mempengaruhi kinerja organisasi. Kemudian, segemap pengurus KNPI Butur harus mengupayakan terciptanya pila kerja yang sinergis berdasarkan prinsip-prinsip kemitraan OKP, pemerintah dan lembaga lainnya.

“Dalam melakukan kerja-kerja organisasi dengan tegap dilandasi prinsip independesi serta aturan main organisasi,” harapnya.

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *