Alami Mati Mesin, Tim Rescue SAR Wakatobi Berhasil Evakuasi Penumpang KM Taman Wisata

Oyisultra.com, KENDARI – Tim Rescue POS SAR Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menemukan Kapal Motor (KM) Taman Wisata GT 109 yang mengalami mati mesin disekitar perairan Wakatobi. Minggu (16/10/2022).

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) BASARNAS Kendari, Wahyudi melalui rilis persnya menjelaskan, bahwa pada Minggu 16 Oktober 2022 pukul 15.40 Wita Comm Centre KPP Kendari menerima informasi dari, La Aci yang melaporkan pada pukul 14.45 Wita telah terjadi kecelakaan kapal, yakni KM Taman Wisata GT 109 yang mengalami mati mesin disekitar perairan Wakatobi dengan Person On Board (POB) 6 Orang.

Berdasarkan laporan tersebut, kata dia, pada pukul 15.55 Wita Tim Rescue POS SAR Wakatobi diberangkatkan menuju Lokasi Kejadian Kecelakaan (LKK) dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) untuk memberikan bantuan SAR.

“Jarak tempuh Pos SAR Wakatobi dengan lokasi kejadian kecelakaan sekitar 20 Nautical Mile/Mil Laut (NM),” jelas Yudi.

Alami Mati Mesin, Tim Rescue SAR Wakatobi Berhasil Evakuasi Penumpang KM Taman Wisata
Tim Rescue SAR Wakatobi saat mengevakuasi La Olu (47) yang mengalami cedera tulang rusuk

Selanjutnya, kata dia, pada pukul 17.06 Wita Tim Rescue POS SAR Wakatobi tiba di LKK dan berhasil menemukan KM Taman Wisata, dan langsung mengevakuasi 4 Orang POB dari 6 Orang POB kapal tersebut, 2 Orang POB masih bertahan dikapal untuk melanjutkan perbaikan.

“Satu orang Person On Board (POB) yang dievakuasi mengalami cedera akibat terjatuh diatas palka kapal akibat gelombang, dimana posisi korban terjatuh diatas benda keras tepat didada korban yang membuat sekitar tulang rusuk korban mengalami cedera, sehingga membutuhkan penanganan yang serius difasilitas kesehatan terdekat. Pada pukul 17.50 wita Rigid Inflatable Boat (RIB) tiba dipangkalan, selanjutnya korban yang mengalami cedera dibawa ke RSUD Wakatobi.

Pada pukul 18.30 Wita, tambah dia, Operasi SAR terhadap KM Taman Wisata GT 109 yang mengalami mati mesin disekitar perairan Wakatobi dengan POB 6 orang dinyatakan selesai dan ditutup.

“Unsur yang terlibat dalam peristiwa ini, yakni Rescue Pos SAR Wakatobi dan RSUD Wakatobi. Alat yang digunakan, Rescue Truck 1 unit, RIB 1 unit, Ambulans RSUD 1 unit, serta peralatan pendukung keselamatan lainnya,” tutup Yudi.

Data korban KM Taman Wisata yang mengalami mati mesin disekitar perairan Wakatobi :
1. La Aci Laki-laki (49)
2. La Odu Laki-laki (63)
3. Nadus Laki-laki (51)
4. La Olu Laki-laki (47) Korban cedera
5. Arifin Laki-laki (29)
6. La Hajar Laki-laki (50).

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *