Polres dan BPN Konsel Gelar Rakor Pembentukan Tim Penyelesaian Konflik Agraria

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Kepolisian Resor (Polres) Konawe Selatan (Konsel) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pembentukan tim penyelesaian konflik agraria di wilayah Kabupaten Konsel.

Rakor tersebut dipimpin langsung Kapolres Konsel, AKBP Wisnu Wibowo, SH SIK M.Si didampingi Kabag Ops, Kompol Reda Irfanda, SH SIK, dan dihadiri oleh Kepala BPN Konsel, LM Ruslan Emba, SH M.Si serta instansi terkait. Bertempat di Aula Vicon Wicaksana Leghawa Polres Konsel, Rabu (31/8/2022).

Dalam sambutannya, AKBP Wisnu Wibowo mengatakan, bahwa Konsel merupakan minipolitan Indonesia yang memiliki wilayah cukup luas.

Olehnya itu, kata Wisnu, maksud dan tujuan pelaksanaan rakor tersebut adalah untuk membentuk tim lintas sektoral dalam penyelesaian konflik agraria. Agar menjadi wadah komunikasi, terkait dengan permasalahan agraria yang ada di Konsel.

Polres dan BPN Konsel Gelar Rakor Pembentukan Tim Penyelesaian Konflik Agraria
Suasana rapat koordinasi
pembentukan tim penyelesaian konflik agraria di wilayah Kabupaten Konawe Selatan

Wisnu mengaku, ingin mendorong terbentuknya commend center untuk mencegah terjadinya konflik masyarakat terkait agraria. Jadi nantinya, tim dapat memberikan data sebagaimana fakta yang ada di lapangan bila terjadi konflik agraria.

“Tim bisa memberikan pemahaman pada masyarakat bila terjadi permasalahan agraria di lapangan. Sharing data yang ada di BPN dan Kehutanan dapat memberikan stabilitas, serta rasa aman bagi perusahaan yang akan berinvestasi di Konsel,” ujarnya.

Sedangkan Kepala BPN Konsel, LM Ruslan Emba menambahkan, bahwa agraria meliputi darat, air dan udara. Commend center nanti bisa lebih fokus dalam memberikan pelayanan masyarakat dalam penyelesaian permasalahan konflik agraria.

MAHIDIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *