Pemkot Kendari Tetapkan Zakat Fitrah Ramadan 1445 Hijriah, Ini Besarannya

Oyisultra.com, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari dan Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) menetapkan besaran Zakat Fitrah Ramadan 1445 Hijriah tahun 2024 Masehi, bertempat di Aula kantor Balaikota Kendari, Senin (18/3/2024).

Adapun besaran nilai Zakat Fitrah yang harus dibayarkan oleh setiap jiwa yang sudah ditetapkan oleh Pemkot Kendari untuk dipungut oleh masing-masing Amil Zakat se-Kota Kendari, yaitu sebagai berikut:

1. Beras Super 3,5 liter atau senilai Rp59.000 per jiwa.

2. Beras Premium 3,5 liter atau senilai Rp53.000 per jiwa.

3. Beras Dolog 3,5 liter atau senilai Rp44.000 per jiwa.

4. Sagu 3,5 liter atau senilai Rp31.000 per jiwa.

5. Jagung 3,5 liter atau senilai Rp38.000 per jiwa.

6. Umbi-umbian senilai Rp37.000 per jiwa.

Penetapan besaran zakat fitrah tahun ini berdasarkan hasil survei harga kebutuhan pokok masyarakat, seperti beras, satu, jagung, dan umbi-umbian lain di pasaran.

Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, penetapan besaran zakat tersebut berdasarkan hasil diskusi bersama Baznas dan seluruh pihak yang berkepentingan untuk dijadikan sebagai rujukan besaran zakat yang harus dibayarkan oleh masing-masing jiwa.

“Penetapan besaran nilai zakat fitrah tahun ini lebih awal kita tetapkan, sehingga bisa segera disosialisasikan ke pengurus masjid atau Amil Zakat di setiap kecamatan se-Kota Kendari,” ujar Ridwansyah Taridala usai menggelar rapat penetapan zakat fitrah di Kota Kendari tahun 2024.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat (Baznas) Kendari, Amri Nasir menyampaikan jika bulan Ramadan kali ini pembahasan soal zakat dilakukan lebih awal agar bisa segera ditindaklanjuti oleh seluruh pihak.

“Kalau tahun lalu itu selalu kita bahas di pertengahan bulan Ramadan, namun sekarang sengaja dilakukan lebih awal agar ada kesempatan disosialisasikan,” tuturnya.

Amri mengatakan, hal ini juga dilakukan agar para panitia zakat (Unit Pengumpul Zakat atau Lembaga Amil Zakat) bisa segera mengumpulkan lalu menyalurkan zakat tersebut kepada penerima yang berhak lebih cepat sebelum Hari Raya Idul Fitri.

“Kalau bagian penerima zakat di masjid-masjid cepat mengumpulkan, bisa juga cepat didistribusikan ke warga yang membutuhkan,” katanya.

Untuk itu, tambah dia, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kendari untuk segera membayar zakatnya kepada panitia zakat mulai hari ini sampai dengan malam takbiran nanti.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *