Wujudkan Pelayanan Publik Berkualitas, Pemda Muna Launching Aplikasi Srikandi

Oyisultra.com, MUNA – Pemerintah Daerah (Pemda) Muna melaunching atau meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). Acara tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Muna, Kamis (25/1/2024).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung, Plt Bupati Muna Drs Bachrun M.Si didampingi Sekda Eddy Uga, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Asmadi, Kepala Dinas Kominfo Muh Haidar, serta dihadiri seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Muna.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Drs Bachrun menyampaikan, bahwa penerapan aplikasi Srikandi merupakan bentuk penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik hasil kolaborasi dari Kementerian Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia.

“Penerapan aplikasi Srikandi untuk mewujudkan tata kelola yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya sekaligus untuk memangkas biaya dan waktu,” ungkap Bachrun.

Bachrun juga berpesan agar aplikasi Srikandi ini segera dijalankan serta diimplementasikan oleh setiap perangkat daerah, agar kedepannya dapat menjadi kekuatan besar untuk pemerintah Kabupaten Muna.

“Oleh karenanya setelah launching ini semua OPD segera menjalankan aplikasi Srikandi ini,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Asmadi dalam laporannya menyampaikan, bahwa aplikasi Srikandi ini dimaksudkan untuk menerapkan keseragaman di dalam pengelolaan arsip diseluruh OPD di lingkup Pemda Muna.

“Adapun manfaat dari aplikasi ini dapat mendukung pengelolaan arsip dan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Elektronik, dan memudahkan penyimpanan dan penemuan kembali arsip serta penghematan kertas,” tutupnya.

Penulis : EBIT VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *