Berbagai Kalangan Apresiasi Perjuangan La Isra di Bidang Pendidikan dan Olahraga

Oyisultra.com, MUNA – Perjuangan serta kepedulian La Isra di dunia pendidikan dan olahraga sepak bola, silat maupun karate patut diapresiasi.

Terbukti, sejak tahun 2021 sampai 2023 ia berhasil menyalurkan bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) kuota tambahan sebanyak 10 ribu siswa SD, SMP, SMA/SMK, dan bantuan KIP bagi 200 mahasiswa yang kuliah diberbagai kampus seluruh Indonesia asal Kabupaten Muna, Muna Barat (Mubar) serta Kabupaten Buton Utara (Butur).

“Beasiswa PIP itu merupakan aspirasi Partai Gerindra, saya mengusulkan di Komisi X DPR RI sekitar lebih 10 ribu, Alhamdulillah sekarang sudah cair dan semua tepat sasaran,” ucap La Isra, Selasa (9/1/2024).

Kata dia, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan. Sebab, pihaknya merasakan betul betapa susahnya ketika dulu menempuh pendidikan tanpa fasilitas. Olehnya itu, apa yang dia rasakan tidak boleh lagi dirasakan oleh generasi saat ini.

“Kita juga mengadakan 1000 buku hasil kerja sama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk komunitas literasi kelompok baca di Desa Napalakura, Desa Langkumapo dan Kelurahan Tampo Kabupaten Muna,” katanya.

Selain dunia pendidikan, Staf Ahli DPR RI Fraksi Gerindra ini juga menunjukkan kepeduliannya di bidang olahraga. Terbukti, melalui Yayasan Satria Insan Cita yang bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) RI mampu memberikan pengadaan fasilitas sepak bola untuk Satria Wakumoro, fasilitas silat di Watopute dan fasilitas karate untuk lemkari ranting Parigi-Tongkuno.

Berkat fasilitas itu, pemain Satria Wakumoro bisa bermain di klub-klub ternama di Sultra. Seperti bermain di UHO, main Porprov luar daerah, mendapat undangan untuk ikut di Forum Sepak Bola Anak Indonesia U-12, ikut seleksi Timnas U-17, undangan mengikuti Garuda Selek serta mengikuti turnamen liga Sentra Indonesia.

“Ini semua karna kekuatan sebagai kader partai gerindra, dan yang kita lakukan sesuai kewenangan,” tegas pemilik Yayasan Satria Insan Cita ini.

Wa Ode Nurdania, pendiri Taman Baca Masyarakat (TBM) Bina Cendekia Tampo, mengucapkan terima kasih kepada La Isra yang telah menyalurkan buku-buku, sebab hal tersebut sangat membantu dalam hal literasi.

Apalagi, lanjut dia, buku-buku yang diadakan sangat bervariasi, bisa untuk anak-anak, remaja sampai dewasa serta dengan segala profesi, seperti guru, petani maupun nelayan.

“Rencana tahun ini kami bangun ruangan sederhana untuk pojok baca di taman bacaan kami, agar masyarakat sekitar bisa membaca dan memanfaatkan buku yang ada. Alhamdulillah dengan bantuan dari pak Isra, kami bisa bagi di taman baca yang ada di Desa Langkumapo dan Napalakura,” jelas Nurdania lewat pesan WhatsApp.

Sementara itu, penerima bantuan PIP mengaku, apa yang sudah diperjuangkan La Isra sangat membantu siswa/siswi SD maupun SMP, dengan bantuan tersebut dapat meringankan beban orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan siswa.

“Harapan kita semoga pak La Isra terus diberikan amanah dalam memperjuangkan kebutuhan anak-anak sekolah,” harap Wa Hasufi, orang tua siswa penerima bantuan PIP.

Laode Ali, Wakil ketua pengurus ranting pencak organisasi Kelurahan Dana Kecamatan Watopute menjelaskan, program yang dikucurkan La Isra sangat menyentuh, apalagi bantuan yang diadakan standar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

“Pak La Isra ini tidak janji tapi langsung bukti, itulah bedanya dia dengan orang lain. Makanya sangat berdosa sekali jika kita tidak memberikan dukungan kepada dia (La Isra),” benernya.

Kegiatan turnamen Festival Satria Insan Cita yang digelar di Desa Oelongko dan Wantiworo juga mendapat sambutan meriah dari masyarakat. Sebab kegiatan tersebut merupakan didikan yang sangat positif terhadap generasi muda.

“Pemerintah desa selalu mendukung kegiatan yang bersifat positif, bukan hanya kegiatan bola, tetapi juga kegiatan festival budaya,” terang Laode Diri, Kades Oelongko.

Darul, Pelatih Karate Ranting Polsek Tongkuno mengatakan, selama ini belum pernah ada bantuan dari pihak manapun terkait peralatan karate.

“Ini menjadi motivasi agar peserta lebih giat berlatih dan mengikuti event-event yang ada,” kata Darul.

“Ucapan terima kasih juga buat bang Isra kepada kami Lemkari Ranting Polsek Tongkuno atas bantuan perlengkapan latihan dan pertandingan, kami percaya bahwa bang Isra itu tingkat kepeduliannya kepada olahraga sangat kami ajukan jempol,” tutupnya.

Penulis : EBIT VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *