Gaji ASN Konawe Selatan Januari 2024 Siap Dibayarkan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Gaji ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bulan Januari dan Februari tahun 2024 siap dibayarkan, tanpa harus menunggu anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Konsel, H Nisbanurrahim saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/1/2024).

“Kesiapan pemerintah daerah untuk mecairkan gaji ASN Konsel awal tahun 2024, untuk bulan Januari dan Februari itu telah lama diantisipasi,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya sedang menunggu laporan dari masing-masing bendahara Organiasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dilakukan proses pencairan.

“Khusus gaji ASN kami sudah memiliki persiapan dana. Kami siap untuk membayarkannya walaupun DAU dari pusat terlambat masuk,” katanya.

Ia menerangkan, pihaknya telah menerima SP2D sejak 2 Desember 2023 lalu dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Namun hal itu masih belum bisa dicairkan, dan sudah diantisipasi.

“Pencairannya kami tidak menunggu secara kolektif seluruh bendahara OPD. Namun, jika sudah ditandatangani bendahara OPD tentu saja kami segera proses,” terangnya.

Selain itu, tambah dia, BKAD Konsel juga siap untuk mengucurkan anggaran dana desa (DD) di semua desa yang telah memenuhi syarat pencairan.

Untuk diketahui, hitungan akhir tahun 2023 lalu anggaran yang tersisa atau Silpa di BUD Konsel sebanyak Rp. 147 Miliar.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *