Penuhi Aspek Penilaian, PKM Waara Muna Juara 1 Lomba Penataan Taman

Oyisultra.com, MUNA – Malam pergantian tahun di Kabupaten Muna diisi dengan ragam acara. Salah satu yang ditunggu-tunggu adalah pengumuman lomba penataan taman ruang publik Kota Raha. Lomba ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Muna, sebagai langkah strategis dalam mengubah wajah Kota Raha, Minggu malam (31/12/2023).

Diikuti seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dengan berbagai kategori, lomba ini berhasil menyulap kawasan Kota Raha menjadi lebih asri dengan bernuansa taman kota.

Dalam lomba tersebut, Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Waara mendapat kategori terbaik pertama untuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PKM. Selain itu PKM Waara juga menyabet Juara Umum Ketiga.

Menurut, Kepala PKM Waara, drg. Cahya Septiani Muuri, timnya telah menyiapkan taman kecil yang tidak hanya dilengkapi aksesoris taman tapi juga ditanami berbagai macam jenis bunga.

“Dalam lomba ini kami fokus pada tujuan konsep Taman Kota, dengan ragam bunga yang proporsional beserta aksesoris. Dapat menjadi tempat orang untuk rehat sejenak sambil menikmati suasana kota Raha,” ujar drg Cahya, Senin (1/1/2024).

Keindahan Taman Sehat PKM Waara ini menarik warga untuk menjadikannya sebagai spot foto. Salah seorang warga Kota Raha, Indra, mengaku tertarik dengan konsep Taman Sehat yang diusung PKM Waara.

“Bunganya beragam, aksesorisnya membuat kita merasa nyaman, juga menarik minat masyarakat untuk mampir dan memanfaatkannya sebagai spot foto,” jelas Indra.

Sementara itu, dari Juri lomba taman, Sekda Muna, Eddy Uga mengatakan, bahwa PKM Waara memenuhi seluruh aspek penilaian, sehingga dapat meraih juara.

“PKM Waara juara 1 kategori UPTD Puskesmas karena memenuhi semua aspek penilaian yaitu aspek proses, aspek hasil dan aspek keberlanjutan. Tiga aspek itu harus dipenuhi,” bebernya.

Eddy menambahkan, bahwa aspek keberlanjutan taman harus diperhatikan. Karena kedepan akan menjadi penilaian.

“Harapan kami bahwa jangan puas dengan hasil yang diperoleh, tugas selanjutnya adalah memelihara dan terus merawat taman tersebut, karena penilaian terus berlanjut,” tutup Eddy.

Sebagai informasi, juri dari lomba ini terdiri dari Ibu Wakil Bupati sebagai Wakil Ketua PKK Kabupaten Muna, Sekda, Asisten 3, Kepala Bagian Ekonomi dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muna. Lomba diselenggarakan sejak Agustus sampai Desember 2023.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *