Tiga WBP Rutan Unaaha Dapat Remisi Khusus Natal 2023

Oyisultra.com, KONAWE – Sebanyak 3 (tiga) warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha Kabupaten Konawe mendapatkan remisi keagamaan pada perayaan Natal tahun 2023.

Besaran remisi yang diterima yaitu satu orang menerima potongan pidana 15 (lima belas) hari, dan dua WBP lainnya mendapatkan remisi satu bulan. Dimana saat ini jumlah WBP di Rutan Unaaha yang beragama Nasrani berjumlah 6 (enam) orang. Tiga orang masih berstatus tahanan, sehingga belum dapat diusulkan untuk mendapatkan remisi.

Remisi tersebut dibacakan oleh Kepala Rutan Unaaha, Hery Kusbando saat perayaan Natal 2023 bagi pegawai dan WBP di Gereja Batesda Rutan Unaaha. Keputusan tersebut diambil sebagai bagian langkah pemerintah untuk memberikan kesempatan kedua kepada para narapidana yang telah menunjukkan perilaku positif semasa menjalani hukuman pidana.

Pemberian remisi masa pidana ini, diberikan kepada narapidana bukan secara cuma-cuma oleh pemerintah. Melainkan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan bagi WBP yang telah bersungguh-sungguh mengikuti program pembinan yang telah diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan.

Ia juga berpesan, momentum natal ini dapat dimanfaatkan WBP untuk bertransformasi memperbaiki diri lebih baik lagi. “Saya berpesan, tunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan, proses dan kegiatan program pembinaan di masa yang akan datang,” pungkas Heri saat memberikan sambutannya, Sabtu (30/12/2023).

Acara yang Bertemakan “Kemulian Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” tampak suasana yang dipenuhi damai nyanyian Natal dan sukacita dari WBP yang turut merayakan Natal bersama. Suasana haru terpancar dari raut wajah mereka, seolah lupa sejenak tentang keberadaan jeruji besi yang memisahkan mereka dari dunia luar.

Ibadah Natal di Rutan Unaaha tahun 2023 dipimpin oleg Pdt Sarmin dari Persatuan Gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) wilayah Konawe dan Konawe Utara (Konut).

Dalam Khutbahnya, Pdt Sarmin mengajak umat kristiani yang hadir untuk meresapi betul arti dari hari kelahiran yesus kristus sang juru selamat dengan mempererat persaudaraan dan toleransi. “Dengan semangat Natal, mari kita tingkatkan persaudaraan dan persatuan demi terwujudnya perdamaian toleransi antar umat beragama serta hidup dengan sesuai tuntunan yesus dalam alkitab dan aturan gereja,” imbaunya Pdt. Sarmin dalam Khutbahnya.

Diharapkan momen perayaan natal keluarga besar Rutan Unaaha tahun 2023 ini, dapat membawa kebahagiaan dan memberikan semangat baru bagi warga binaan. “Sehingga, perayaan ini tidak hanya sebagai seremonial yang mendorong perubahan positif dalam kehidupan mereka, tetapi juga upaya memupuk harapan untuk masa depan yang lebih baik setelah menjalani masa pembinaan,” pungkasnya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *