Pemprov Sulawesi Tenggara Terus Bergerak Atasi Kelangkaan Pupuk Subsidi di Bumi Anoa

Oyisultra.com, KENDARI – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto SIK MH terus bergerak merespons keluhan yang dialami petani terhadap kelangkaan pupuk bersubsidi juga harga fluktuatif yang berdampak pada hasil panen petani.

Orang nomor satu di Bumi Anoa ini membeberkan, penyaluran pupuk kepada petani dilakukan oleh pengecer resmi yang telah ditunjuk di wilayah kerjanya berdasarkan alokasi pupuk bersubsidi di Bumi Anoa.

“Pemerintah Daerah di kabupaten/kota merupakan kunci sukses pada program pupuk bersubsidi sebab pemerintah daerah yang menentukan penerima pupuk bersubsidi serta melakukan pengawasan dan verifikasi secara langsung atas kebenaran penyaluran di lapangan,” singkat Andap.

Secara teknis, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sultra, Dr La Ode Muh Rusdin Jaya mengungkapkan, bahwa area kritikal perbaikan untuk menghindari penyelewengan terhadap penyaluran pupuk bersubsidi dapat dilakukan dengan cara, perbaikan data penerima pupuk bersubsidi, perbaikan metode penebusan dan motivasi, kapasitas pengawasan dan verifikasi dan validasi.

“Sesuai atensi dan arahan Bapak Pj. Gubernur beserta Sekda Sultra, kami terus mengawal penyaluran pupuk bersubsidi agar tepat sasaran dan tepat waktu. Sehingga melalui FGD penyaluran Pupuk Bersubsidi Tahun 2023 ini, menjadi salah satu memontum untuk menyamakan frekuensi dengan pihak-pihak terkait agar masalah kelangkaan pupuk di lapangan dapat terurai dan teratasi,” tandas Mantan Karo Pembangunan Provinsi Sultra ini.

Sebagaimana diketahui, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sultra mengadakan FGD dengan tema “Optimalisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tahun 2023 dan Persiapan Penginputan Data Penerima dan Kebutuhan Pupuk Bersubsidi Tahun 2024”

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Senior Vice Presiden (SVP) pupuk Indonesia wilayah timur, Vice presiden pupuk Indonesia wilayah Sultra, Kepala dinas yang membidangi fungsi Pertanian se-Sulawesi Tenggara, penggiat pupuk subsidi di Sultra, Akademisi, dan media massa yang konsen terkait pupuk subsidi.

Penulis    : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *