Anggota Dewan Kota Kendari Imbau Masyarakat Selalu Waspada Dampak El-Nino

Oyisultra.com, KENDARI – Dampak dari kemarau panjang atau fenomena El-Nino yang masih berlangsung sampai saat ini membuat beberapa kerawanan patut diwaspadai oleh masyarakat, salah satunya adalah bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan, mengimbau seluruh pihak diantaranya masyarakat agar selalu waspada bencana yang terjadi di musim kemarau. Terutama, kebakaran hutan dan lahan.

“Kewaspadaan harus ditingkatkan saat musim kemarau saat ini. Terutama yang berkaitan berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan,” kata Subhan saat ditemui sejumlah awak media, di ruang kerjanya, Selasa 31 Oktober 2023.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, musibah kebakaran
rawan terjadi saat musim kemarau. Apalagi beberapa hari terakhir ini di Kota Kendari kerap terjadi kebakaran lahan dan rumah. Namun, hal itu sebenarnya bisa diantisipasi asalkan masyarakat berhati-hati untuk membakar sampah, membuang puntung rokok dan selalu mematikan kompor ketika ke luar rumah.

La Ode Ali Akbar.

Beberapa kejadian kebakaran di Kota Kendari ini sebagai warning untuk berhati-hati dalam membakar sampah, membakar di kebun, membuang puntung rokok dan selalu mematikan kompor ketika ke luar rumah.

“Masyarakat selalu berhati-hati saat menghidupkan api, karena kebakaran pada musim kemarau  sangat rawan terjadinya.nJadi kelalaian seperti ini warning buat kita dan mudah-mudahan bisa kita lakukan pencegahan,” jelasnya.

Kemudian kata Subhan, perlu adanya kepedulian dan partisipasi masyarakat untuk menjaga wilayahnya dari bahaya kebakaran serta bencana kebakaran dan penanggulangannya serta melakukan antisipasi terkait bahaya bencana kebakaran.

“Bagi masyarakat agar tidak  membakar dan membuang puntung rokok sembarang tempat untuk menghindari terjadinya kebakaran. Apalagi sekarang ini yang tidak dibakar saja bisa terbakar,” ujarnya.

Untuk itu, DPRD sudah melakukan koordinasi ke pemerintah kota (Pemkot) Kendari dalam mengambil langkah-langkah untuk melakukan pencegahan serta sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan hal-hal yang dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran.

“Kami DPRD dan pemerintah kota sudah berkoordinasi langka terbaik dalam pencegahan dan sosialisasi edukasi yang bisa kita berikan kepada masyarakat, karena pencegahan in bukan hanya tugas DPRD dan pemerintah tetapi peran serta semua pihak,” tutupnya.

Ilustrasi kebakaran hutan. (int)

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Kota Kendari, La Ode Ali Akbar mengimbau kepada masyarakat untuk membuang puntung rokok sembarangan dan tidak membakar sampah di lingkungan rumah, kebun dan hutan meski dengan api yang kecil di saat musim kemarau panjang dan kekeringan.

“Kita harapkan masyarakat tidak membuang puntung rokok dan bakar sampah sembarangan, karena ini sangat membahayakan kita semua,” kata La Ode Ali Akbar.

Iwan Kambara panggilan akrab La Ode Ali Akbar mengungkapkan, dengan adanya kejadian kebakaran beberapa hari ini, diharapkan aparat pemerintah agar siap siaga di tempat sehingga, ketika ada laporan masuk terkait kebakaran agar bisa cepat tangani.

“Tapi kita harapkan itu tidak terjadi kebakaran. Bagaimanapun caranya harus kita mencegahnya dan tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat bencana kebakaran,” pungkasnya. (Adv/OS).

Penulis : HR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *