Luput Perhatian Pemerintah, Gedung SDN Lalonggasu Konawe Selatan Sangat Memprihatinkan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lalonggasu Kecamatan Tinanggea, Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sangat memprihatinkan.

Pasalnya, bangunan sekolah yang terdiri dari enam Ruang Kelas Belajar (RKB) dan tiga RKB SMP Satap Tinanggea sejak tahun 2012, hingga kini belum dilakukan perehapan, sehingga kondisi bangunannya rawan roboh.

Melihat kondisi bangunan yang belum mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe Selatan, anggota DPRD Konsel Mbatono Suganda berharap kepada Pemda untuk menganggarkan rehab bangunan SD Negeri tersebut di tahun 2024 ini.

“Kondisinya memang sudah sangat memprihatinkan. Kondisi bangunannya sudah layak untuk direhab. Mulai lantainya sudah rusak berat, plafon, atap hingga tembok. Termasuk fasilitas lainnya seperti meja dan kursi untuk pelajar sudah sangat parah dan minim,” ungkap Mbatono Suganda kepada awak media, Jumat (22/09/2023).

Menurut anggota Komisi III DPRD Konawe Selatan ini, usulan rehab untuk SD Negeri Lalonggasu yang juga satu atap dengan SMP 3 Tinanggea itu sudah disampaikan dan diajukan kepada pemerintah daerah untuk dialokasikan anggarannya melalui APBD sejak tahun 2020 lalu. Tetapi hingga kini belum terealisasi.

“Kami di DPRD dan juga masyarakat di Desa Lalonggasu, Palotawo dan Lalowatu berharap di tahun 2024 sudah dialokasikan anggarannya. Kondisi fisik dengan bukti visual melalui foto-foto telah diajukan untuk dimasukan di KUA PPAS tahun 2023 untuk ditetapkan menjadi APBD tahun 2024 mendatang,” katanya.

Politisi Partai Demokrat ini juga menambahkan, kiranya pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konsel untuk memberikan perhatian terkait kondisi bangunan sekolah di Lalonggasu ini. Pihak sekolah yang teriri dari Guru dan ratusan pelajar di SDN dan SMPN 1 Atap tidak membutuhkan gedung sekolah yang megah, tetapi cukup ruang belajar nyaman bagi pelajar dan pengajar.

“Terkadang guru dan muridnya harus meninggalkan ruang kelas belajar pada saat proses belajar, jika musim hujan keras dan juga angin kencang bertiup. Hal itu karena ditakutkan bagunan sekolah tersebut roboh atau lainnya,”tandasnya.

Sementata itu, Martati A.Md mengakui, jika kondisi bangunan sekolahnya sudah sangat lama dan tua. Sejumlah fasilitas seperti lantai sudah keropos dan terkupas, plafon sudah pada jatuh semua, atap juga bocor-bocor dan tembok sudah rawan.

“Memamg kondisi sekolah kami sudah lama tidak direhab. Kami juga berharap DPRD dan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konsel untuk memberikan perhatian dengan mengalokasikan anggaran rehab dan mobiler untuk meja kursi belajar,” katanya saat ditemui awak media.

Menurut guru kelas ini, proses belajar mengajar di ruang kelas baik itu pelajar SD maupun SMP terkadang terganggu dan harus meninggalkan RKB, jika angin kencang bertiup, termasuk bila hujan deras. Itu karena ditakutkan, atap dan gedungnya roboh, sehingga harus mencari tempat aman.

“Kalau jumlah siswanya di SD Negeri Lalonggasu ada seratusan lebih. Sementara untuk pelajar SMP Satap 3 Tinanggea sebanyak 60 an lebih ditopang dari tiga SDN di sekitar, yakni SD Lalonggasu, Palotawo dan Lalowatu,” sebutnya.

Pantauan awak media, kondisi gedung SD Negeri Lalonggasu sudah sangat memprihatikan. Selain gedungnya yang sudah tua dan sejumlah fasilitasi didalammnya rusak, SD Negeri Lalonggasu juga belum dipagar dan halaman sekolahnya sangat berdebu di musim panas dan lumpur di musim hujan.

“Sekolah kami ini berada di poros Andoolo – Tinanggea, tetapi kondisi sekolahnya sangat memprihatinkan,” timpal salah seorang guru.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *