Prodi Arkeologi FIB UHO dan Universiti Putra Malaysia Jalin Kerja Sama

Oyisultra.com, KENDARI – Program Studi (Prodi) Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Halu Oleo (UHO) bersama Laboratori Belia Dalam Kepemimpinan, Politik dan Kewarganegaraan Universiti Putra Malaysia (UPM) melakukan kerja sama seminar internasional dan Global, yang dilaksanakan di Aula Sirajjudin FIB, Kamis (21/9/2023).

Selain melakukan kerja sama, kehadiran Ketua Laboratori Belia Dalam Kepemimpinan, Politik dan Kewarganegaraan UPM Prof. Madya DR. Haliza Binti Abdul Rahman di Fakultas Ilmu Budaya UHO, juga memberikan kuliah umum dengan tema “Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan dan Kebijakan Pendidikan Berbasis Lokal Kearifan Lokal”.

Pada kesempatan itu, Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UHO Dr. Akhmad Marhadi dalam sambutannya, sangat mengapreasiasi kehadiran Prof. Madya DR. Nurhaliza dan rombongan, terutama dengan adanya kerja sama antara jurusan yang ada di FIB bersama UPM.

“Kerja sama seperti ini merupakan salah satu bentuk operasional jurusan dan dosen dalam penelitian kolaborasi internasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Arkeologi Dr. Abdul Alim menjelaskan, bahwa maksud dan tujuan dari perjanjian kerja sama antara Prodi Arkeologi bersama Universiti Putra Malaysia (UPM) adalah bagian dari strategi pengembangan jangka panjang Jurusan Arkeologi yang sekarang ini memiliki Akreditasi A, dan untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan pendidikan, pengkajian, penyelidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Ia menambahkan, adapun ruang lingkup dari perjanjian kerja sama ini meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan penyelenggaraan penelitian, pengkajian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang kebudayaan, penyediaan dan pertukaran tenaga ahli, dan sosialisasi bidang kebudayaan.

“Kami percaya bahwa adanya kerja sama ini akan membantu Jurusan Arkeologi untuk mencapai tujuan dalam meningkatkan kualitasnya, khususnya penelitian kolaborasi internasional yang melibatkan dosen-dosen Arkeologi,” tutupnya.

Penulis : EBIT VERNANDA
Publisher : MAHIDIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *