Deteksi Dini Gangguan Keamanan, Kadivpas Pimpin Satopspatnal di Rutan Unaaha

Oyisultra.com, KONAWE – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), H Muslim didampingi Kepala Bidang (Kabid) Keamanan, I Gede Artayasa dan Kepala Bidang Pembinaan, La Ludi memimpin pelaksanaan Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha, Kamis (21/9/2023).

Divisi Pemasyarakatan terus berkomitmen untuk melaksanakan tiga kunci pemasyarakatan maju guna menjaga keadaan UPT agar tetap tertib, aman dan kondusif.

Selanjutnya, kegiatan Satopspatnal dirangkaikan dengan pelaksanaan Pendekatan Humanis Pemasyarakatan (Penamas) kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yang merupakan salah satu program unggulan Kanwil Kemenkumham Sultra pada Divisi Pemasyarakatan Sultra.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kadivpas, H Muslim menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk mitigasi risiko dengan melakukan deteksi dini pencegahan gangguan keamanan, dan ketertiban di Rutan Kelas IIB Unaaha sehingga perlunya kegiatan ini dilaksanakan.

“Pelaksanaan Satopspatnal yang terbagi dalam beberapa kegiatan, yakni penggeledahan, pemeriksaan penunjukan dapur sehat laik higienis, pemeriksaan SDP, dan Pemberian penguatan kepada petugas asessor pembinaan kepada warga binaan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Muslim, kegiatan Satopspatnal tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Divisi Pemasyarakatan ke Lapas Rutan, guna mencegah dan meminimalisir adanya barang terlarang dan berbahaya di Rutan dan Lapas, serta sebagai bentuk implementasi 3 kunci Pemasyarakatan.

“Untuk menjaga stabilitas keamanan harus beriringan antara pembinaan kemandirian dan kepribadian guna terciptanya keamanan di dalam Rutan yang kondusif. Sehingga antara pelaksanaan pembinaan dan keamanan harus seiring berjalan,” katanya.

“Kunjungan kami disini adalah untuk menyatukan rasa diantara kita, dan menjalin kebersamaan. Sehingga dengan makan bersama ini kita terjalin satu rasa kekeluargaan,” tandasnya.

Publisher : MAHIDIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *