Gelar Bimtek Panitia, DPMD Konsel: 96 Desa Siap Ikut Pilkades Serentak 2023

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) meminta Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Konsel tahun 2023 untuk bersikap netral. Pasalnya, sukses tidaknya pemilihan dimaksud ada ditangan panitia pemilihan selaku pelaksana yang independen.

Hal itu disampaikan langsung Kepala DPMD Konsel, Annas Mas’ud seusai membuka kegiatan Bimtek Panitia Pilkades Konsel tahun 2023, Rabu (14/6/2023).

Annas menjelaskan, semua keputusan pelaksanaan pemilihan Pilkades ada ditangan panitia pemilihan di tingkat desa (panitia sembilan). Panitia Kabupaten dan panitia pengawas Kecamatan sifatnya hanya sebagai mitra saja. Hanya membantu memfasilitasi, mengawasi dan juga tempat konsultasi.

“Kami tidak punya kewenangan untuk mengintervensi para panitia Pilkades, kecuali mereka melakukan tindakan yang melanggar peraturan Bupati nomor 32 tentang Pilkades serentak,” terangnya.

Sehingga, lanjut Annas, untuk memberikan pemahaman kepada para panitia Pilkades, hari ini DPMD Konsel melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para panitia dimaksud. Utamanya terkait Perbup tentang Pilkades serentak ini.

“Jadi kita ingin panitia Pilkades memahami Perbup ini secara menyeluruh, sehingga saat membacanya semua satu dan sama pemahaman dengan kami DPMD. Jadi tidak akan terjadi pelanggaran ditingkat atasnya,” harapnya.

Lebih jauh, mantan Kadis Kominfo Konsel ini menjelaskan, Bimtek hari ini dilaksanakan selama tiga hari diikuti sebanyak 96 Desa dikali 4 jadi total kurang lebih 300 peserta, tersebar di 25 Kecamatan yang ada.

“Kami ingin melalui kegiatan ini, betul betul menjadi sarana untuk membekali para panitia Pilkades serentak dengan mentransferkan pemahaman yang tertuang dalam Perbup 32. Jadi bukan hanya sekedar seremonial belaka saja,” ungkapnya.

Terakhir kata Annas, kunci suksesnya pelaksanaan Pilkades ini ada ditangan panitia. Pasalnya keputusan hasil Pilkades serentak nantinya itu sifatnya final ditangan panitia. Sehingga kita berharap hasil Pilkades nanti tidak ada masalah hukum.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *