Kajati Sultra Ikuti Kunker Jaksa Agung Secara Virtual

Oyisultra.com, KENDARI – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr. Patris Yusrian Jaya SH MH mengikuti kegiatan kunjungan kerja (Kunker) Jaksa Agung Republik Indonesia (RI) secara Virtual, Senin (13/3/2023).

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 Wita tersebut turut dihadiri oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra, Herry Ahmad Pribadi SH MH, para Asisten, Kabag TU, Kajari Muna, Buton, dan Kajari Wakatobi, para Koordinator, para Kasi serta pegawai lingkup Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara.

Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Sulawesi Tenggara, Dody SH mengatakan, Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas capaian kinerja Insan Adhyaksa Kejaksaan diseluruh Indonesia.

Capain kinerja ini harus dipertahankan, dijadikan pemicu dan semangat untuk mencapai kinerja lebih baik lagi kedepannya, sehingga dapat mempertahankan kepercayaan yang diberikan publik kepada Korps Adhyaksa.

Hal ini tergambar dari hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) yang dirilis pada Januari lalu, di bidang penegakan hukum Kejaksaan mendapatkan skor 77,2% (tujuh puluh tujuh koma dua persen).

Sedangkan untuk pemberantasan korupsi skor yang diraih oleh Kejaksaan mencapai 74,2 (tujuh puluh empat koma dua persen). Capaian angka ini mengungguli lembaga penegak hukum lain dan menempatkan Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang paling dipercaya oleh masyarakat.

Sementara itu, survei terbaru yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada, 1 Maret 2023, kembali menempatkan Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang paling dipercaya dalam penegakan hukum dengan skor 72% (tujuh puluh dua persen).

Dalam kesempatan ini, Jaksa Agung RI ST Burhanudin mengatakan, agar kepercayaan publik yang telah diberikan itu tidak disia-siakan dan dapat terus dijaga, serta jadikan hal tersebut sebagai pemicu dan pemacu semangat untuk bekerja lebih profesional dengan tetap menjaga integritas.

“Supaya kepercayaan yang telah kita terima dapat kita pertanggungjawabkan kepada masyarakat, bangsa dan negara, karena perlu disadari bahwa meraih prestasi itu sulit, namun mempertahankan prestasi akan jauh lebih sulit,” terang Jaksa Agung.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjutnya, agar selalu mencermati Instruksi Jaksa Agung Nomor 1 Tahun 2021 tentang Publikasi Kinerja dan Pemberitaan Positif mengenai Kejaksaan di media massa dan media sosial.

Kemudian, ia juga mengingatkan kepada seluruh Insan Adhyaksa dimana pun berada agar selalu menerapkan pola hidup sederhana. Hiduplah sesuai kemampuan dan hentikan gaya hidup bermewah mewahan serta memamerkan kekuasaan.

“Saya akan menindak tegas bagi Insan Adhyaksa yang melakukan hal tercela tersebut,” tegasnya.

Burhanuddin juga mengingatkan kepada seluruh Insan Adhyaksa agar berhati-hati dan bijak dalam penggunaan media sosial. Pedomani Instruksi Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penerapan Pola Hidup Sederhana.

Selanjutnya, pihaknya juga mengingatkan kepada seluruh Insan Adhyaksa untuk selalu menjaga integritas dalam menjalankan tugas.

“Hindari perbuatan perbuatan tercela karena Kita adalah cerminan wajah Kejaksaan,” terangnya.

Kegiatan Kunker ini, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh Jaksa Agung RI dengan seluruh Kepala Kejaksaan Tinggi yang ada di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tenggara menyampaikan kondisi politik di wilayah kukum Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara yang kondusif, dan akan ada pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara dan Walikota Kendari pada 2024 mendatang.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *