Bupati Konawe Terima Penghargaan Desa Cinta Statistik dari BPS RI

Oyisultra.com, KONAWE – Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dibawah kepemimpinan, Kery Saiful Konggoasa (KSK) sebagai Bupati meraih penghargaan Award Desa/Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) tahun 2022 dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI).

Prestasi tersebut diterima langsung Bupati Konawe, KSK bersama Lurah Toriki, Aras Saiful saat menghadiri penganugerahan Award Desa Cantik, yang diselenggarakan oleh BPS-RI, Senin (30/1/2023).

Dari 12 desa dan kelurahan yang tersebar di 12 kabupaten di Indonesia yang masuk nominasi, termasuk Kelurahan Toriki Kecamatan Anggaberi Kabupaten Konawe.

Penghargaan Desa Cantik diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas dan Kepala BPS RI, Margo Yuwono. Plakat beserta piagam penghargaan diterima langsung Bupati KSK.

Kepala BPS Pusat Margo Yuwono menjelaskan, bahwa program Desa/Kelurahan Cantik bertujuan untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam pengolahan dan pemanfaatan data agar perencanaan pembangunan desa dapat lebih tepat sasaran.

“Penting karena ke depan kita berharap bahwa aparat desa memiliki kapabilitas di bidang statistik, sehingga dapat mengelola data dan memanfaatkan data. Bayangkan kalau semua desa memiliki kemampuan itu maka desanya akan lebih maju kan. Karena bisa mengelola dan memanfaatkan data,” ungkapnya.

Dikesempatan itu juga, KSK yang didampingi Lurah Toriki dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap BPS RI yang telah mempercayakan Kelurahan Toriki terpilih sebagai Desa/Kelurahan Cantik 2022, penghargaan tersebut adalah gambaran bahwa Konawe siap membangun desa menggunakan data sektoral.

“Terima kasih BPS RI yang telah melakukan pendampingan kepada SDM di desa, sehingga dinyatakan layak untuk mendapatkan penghargaan Desa Cantik Tahun 2022. Ke depannya, kita akan mengaplikasikan ini di desa-desa yang lain di Kabupaten Konawe,” ujar KSK.

Selain itu, KSK juga memberikan apresiasi terhadap Lurah Toriki. Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh seorang Aras Saiful patut menjadi contoh yang positif. KSK berharap, prestasi yang sama juga bisa ditorehkan oleh pegawai lainnya di Konawe.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu juga menambahkan, Konawe dan BPS Kabupaten sebelumnya telah melakukan kerja sama. Hasilnya, terbitlah Konawe dalam Satu Data yang memuat data-data penting terkait pembangunan di Konawe.

Diketahui, 12 desa yang mendapat penghargaan dari BPS RI antara lain; – Desa Sukajaya Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
– Desa Bukit Selabu Kabupaten Musi Banyuasin
– Desa Tanjung Raya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
– Kelurahan Gunung Ketur Kota Yogyakarta
– Desa Gumeng Kabupaten Gresik
– Kelurahan Karangsari Kota Blitar
– Desa Serdang Kulon Kabupaten Tangerang
– Desa Perancak Kabupaten Jembrana
– Desa Punggul Kabupaten Badung
– Desa Potangoan Kabupaten Buol
– Kelurahan Toriki Kabupaten Konawe – Desa Landau Tubun Kabupaten Melawi.

Penulis : R. PAHLAWAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *