Bahaya Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan Remaja

Oyisultra.com, JAKARTA – Pernah berpikir bahwa alkohol memiliki efek berbahaya bagi kesehatan tubuh?
Saat ini mulai banyak usia remaja yang berani mencoba minuman keras hanya karena rasa ingin tahunya tanpa memikirkan akibatnya.

Banyak yang belum memahami apa bahaya dibalik konsumsi minuman keras dalam jangka panjang bagi kesehatan. Alkohol menjadi biang kerok dari permasalahan kesehatan yang akan muncul.

Kadar alkohol dalam minuman keras

Minuman keras memiliki kadar alkohol yang berbeda-beda mulai dari 4,5% hingga 40% tergantung jenisnya. Untuk minuman keras dengan kadar alkohol tinggi seperti Whiskey, Vodka, Gin dan Rum yang memiliki kadar alkohol 40%.

Ada juga Bir dengan kadar alkohol 4,5 % dan Anggur memiliki kadar alkohol 11 %. Kadar alkohol ini berbanding lurus dengan akibat kesehatan yang ditimbulkan baik akibat jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Semakin tinggi kadarnya maka akan semakin terasa efeknya secara langsung dan bisa
menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Sirosis Hati Salah Satu Akibat Konsumsi Minuman Keras

Banyak yang belum memahami apa sebenarnya akibat yang akan ditimbulkan karena konsumsi minuman keras dalam jangka panjang. Remaja hanya memikirkan kesenangan sesaat setelah mengkonsumsi minuman keras. Namun sebenarnya kerusakan berbagai organ mengintai para remaja ini di masa yang
akan datang.

Dalam sebuah buku Ilmu Penyakit Dalam menyebutkan, bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol bisa menyebabkan penyakit epidemologi. Di Amerika
contohnya, diperkirakan kejadian sirosis hati adalah 360 per 100.000 penduduk terjadi akibat kebiasaan konsumsi minuman keras.

Prevalensi kejadian penyakit hati belum dilaporkan di Indonesia hanya ada data dari beberapa Rumah Sakit pemerintah tentang jumlah pasien yang dirawat dengan penyakit hati.

RS Sardjito melaporkan pasiennya berkisar 4,1% dari total pasien penyakit dalam mengidap penyakit hati. Senada dengan itu di Medan juga dilaporkan jumlah pasien penyakit hai di bagian Penyakit Dalam juga sekitar 4%.

Sirosis hati memang salah satu akibat paling buruk dari penyakit hati disamping kematian. Jangan lagi mencoba-coba untuk mengkonsumsi minuman keras jika mengaku peduli pada kesehatan badan. Bergaya dengan clubbing dan minuman
keras saat ini dijamin akan menyesal di masa depan karena memiliki hati yang rusak parah.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian dan contoh artikel populer yang bisa dijadikan referensi bagi yang ingin memahami artikel populer. Dengan semakin banyak membaca artikel populer maka akan semakin mengerti perbedaan artikel populer dengan berita atau bentuk artikel lainnya.

Oleh : Aisyah falah, Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *