Peringati HUT ke-12, DKPP Gelar Jalan Sehat dan Berikan Santunan Anak Yatim Piatu

Oyisultra.com, JAKARTA – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengadakan kegiatan jalan sehat di Jakarta, Minggu (9/6/2024). Jalan sehat ini merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DKPP yang ke-12 yang jatuh pada 12 Juni 2024.

Ketua DKPP Heddy Lugito mengatakan kegiatan ini dapat dijadikan sebagai pengingat bahwa keluarga besar DKPP harus menjaga kesehatan agar tetap konsentrasi dalam menghadapi aduan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) yang semakin banyak dalam tahun politik ini.

Untuk diketahui, per 31 Mei 2024 DKPP menerima 300 aduan selama 2024. Meningkat tajam sejak bulan Maret di mana meningkat hampir 200 persen dibanding jumlah aduan gabungan bulan Januari dan Februari.

“Oleh karena itu saya berharap jalan sehat ini membuat kita lebih sehat, badan kita jadi lebih segar, membuat pikiran kita lebih jernih, tidak mikir ke mana-mana kecuali menjaga kehormatan penyelenggara Pemilu,” kata Heddy.

Menurut pria yang 25 tahun berkarir sebagai wartawan ini, menjaga kesehatan dan konsentrasi sangatlah penting bagi DKPP dalam menegakkan KEPP di antara kontestasi Pemilu serentak 2024 dan Pilkada serentak 2024.

Sebab, penegakan KEPP sangatlah penting untuk menjaga kualitas demokrasi Indonesia.

“Publik masih mengharapkan DKPP sebagai benteng terakhir mencari keadilan Pemilu. Bahkan banyak pencari keadilan yang berperkara di MK lari ke DKPP,” jelas Heddy.

Selain jalan sehat, dalam kesempatan ini DKPP juga memberikan santunan kepada 25 anak yatim dan yatim piatu dari Panti Asuhan Rasulullah SAW.

Kegiatan ini juga diikuti oleh dua Anggota DKPP, yaitu Ratna Dewi Pettalolo dan Muhammad Tio Aliansyah. Selain itu hadir pula perwakilan dari KPU, Bawaslu, Kemendagri, dan KORPRI.

Sementara Sekretaris DKPP David Yama, dalam laporannya, mengungkapkan bahwa terdapat tiga rangkaian kegiatan dalam peringatan HUT ke-12 DKPP, yaitu jalan sehat dan santunan kepada anak yatim pada 9 Juni 2024, donor darah pada 10 Juni 2024, dan acara puncak pada 12 Juni 2024.

Ia mengatakan, kegiatan jalan sehat ini diikuti oleh hampir 300 orang.

“Mudah-mudahan acara ini membawa eksistensi DKPP sebagai lembaga penegak kode etik penyelenggara Pemilu,” kata David. [Humas DKPP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *