Jalan Kompleks Perkantoran Pemda Konawe Selatan Rusak Parah, Pemerintah Terkesan Tutup Mata

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Kondisi jalan di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengalami kerusakan berat, yakni longsor hingga membahayakan pengguna jalan.

Meski demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel melaui Dinas Pekerjaan Umum (PU) belum melakukan tindakan, minimal penimbunan secara swakelola dengan penggunaan alat berat dinas.

“Kondisi jalan ini sangat berbahaya bagi pengguna jalan, karena longsornya cukup besar, tetapi pemerintah kayaknya tidak melihatnya alias tutup mata. Atau apakah nanti ada korban kecelakaan di lokasi baru ada reaksi,” ujar salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya kepada awak media, Rabu (28/3/2024).

Ruas jalan kompleks perkantoran yang rusak

Menurutnya, lobang besar di bahu jalan tersebut selain rawan bagi pengguna jalan, juga sudah mengikis pagar Kantor Dukcapil serta mulai mengikis badan jalan yang menghubungkan Kantor Bupati dan Rumah Jabatan Bupati Konsel di Kelurahan Potoro Kecamatan Andoolo.

“Lokasinya sangat rawan, jika tidak segera mendapat penanganan dan perbaikan minimal dilakukan penimbunan. Pengendara jika tidak hati-hati bisa mengalami kecelakaan dan masuk dalam lubang longsoran. Hal itu karena kondisi jalannya tepat di perempatan di jalur dua dari arah kantor Bupati menuju rujab, dan dari arah Pertamina menuju kompleks perkantoran,” jelasnya.

Selain kondisi jalan di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Capil Konsel, juga terdapat jalan yang mengalami kerusakan berat. Misal di depan Kantor Dinas Pertanian, Pengadilan Negeri Andoolo, Depan Kantor Kesbangpol, Depan Kantor Bappeda hingga depan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kondisi jalan yang longsor

“Ini pemerintah tidak melihat kondisi jalan ini yang rusak atau tidak punya anggaran. Jalannya sudah rusak bertahun-tahun tapi tidak ada juga ada tanda-tanda perbaikan. Padahal ini di kompleks perkantoran Bupati Konsel, bagaimana dengan di daerah lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Konsel, Askar mengakui adanya jalan yang mengalami rusak berat dan longsor di depan Kantor Dukcapil dan sejumlah jalan di komplek perkantoran Bupati Konsel. Untuk perbaikannya di tahun ini sudah dalam proses tender dan akan dikerjakan pada tahun ini.

“Untuk jalan rusak di depan kantor Dinas Catatan Sipil juga demikian akan segera dilakukan penanganan, terlebih lagi lokasi tersebut masuk dalam tata ruang jalan di Ibu Kota Konsel,” ujarnya singkat via telepon.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *