Bupati Konawe Selatan Simulasikan Cara Pemungutan Suara di TPS Pemilu 2024

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melaksanakan kegiatan simulasi pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, serta penggunaan aplikasi sistem informasi rekapitulasi elektronik (Sirekap) pada pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari 2024 mendatang, bertempat di kantor KPU Konsel, Rabu (24/1/2024).

Kegiatan simulasi tersebut dibuka langsung oleh Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga dan dihadiri Kapolres AKBP Wisnu Wibowo, Ketua KPU Muh Yunan bersama Koordinator Divisi (Kordiv) Tekhnis Penyelenggara Pemilu Eko Hasmawan Baso, Kordiv Perencanaan, Data dan Informasi Anton Roberto, dan Sekretaris KPU Aila.

Serta Ketua Bawaslu Konsel Siambu, Komisioner Bawaslu Divisi P3SP Bahrun Musu, Kepala Dinas Kesbangpol, Muh Taufiq Amin Lar, Kadis DPMD Ambolaa, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pimpinan partai politik, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) perwakilan se-Konawe Selatan.

Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga bersama Ketua dan Anggota KPU Konsel

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Surunuddin berkomitmen untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan itu. Surunuddin mengaku siap mendukung penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024.

“Kesuksesan pemilihan umum serentak yang dilaksanakan se-Indonesia pada 14 Februari 2024 mendatang adalah bagian dari tanggung jawab kami selaku pembina politik, kami juga minta stakeholder terkait bersinergi guna kesuksesan kita bersama,” ujar Surunuddin dalam sambutannya.

Bupati Konsel dua periode itu mengingatkan kepada seluruh jajaran penyelenggara untuk memastikan tugas dan tanggungjawabnya agar dapat terjaga.

“Penyelenggara Pemilu jangan lengah. Pastikan dalam bertugas semua dapat terkoordinir dengan baik. Masalah penyelenggara pemilu yang lolos PPPK, kami sudah izinkan asal segera melapor ke Pemda, supaya jangan lagi ada alasan tidak menjalankan tugas pada hari pemungutan suara nantinya,” jelasnya.

Usai membuka kegiatan, Bupati Surunuddin didampingi Ketua dan Anggota KPU langsung melakukan simulasi pemungutan suara di TPS dengan melakukan pencoblosan, yang dilayani oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Pembukaan acara simulasi pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, serta penggunaan aplikasi sistem informasi rekapitulasi elektronik (Sirekap) Pemilu 14 Februari 2024

Sementara itu, Ketua KPU Konsel Muh Yunan mengatakan, pelaksanaan simulasi kali ini merupakan kegiatan simulasi pemungutan dan perhitungan suara tahap dua yang dilaksanakan KPU Konawe Selatan.

Yunan menuturkan, simulasi adalah rangkaian tahapan pelaksanaan Pemilu serentak 14 Februari 2024.

“Pelaksanaan simulasi adalah tindak lanjut surat KPU RI nomor 37 tahun 2024. Tentang pelaksanaan simulasi pemungutan dan perhitungan suara di TPS oleh KPPS dengan tujuan efektivitas dan efisiensi proses penyelenggaraan pemungutan dan perhitungan suara,” jelas Yunan.

Menurut Yunan, dengan pelaksanaan kegiatan simulasi tahap dua ini semua instrumen penyelenggara, masyarakat dan stakeholder dapat memahami tata cara pemungutan dan perhitungan suara sesuai PKPU 25 tahun 2023 dan keputusan KPU No. 66 tahun 2024 tentang pedoman tekhnis pemungutan dan perhitungan suara.

Senada dengan itu, Kapolres Konawe Selatan, AKBP Wisnu Wibowo mengatakan, simulasi ini adalah bagian dari intisari tahapan.

“Level apa yang disimulasikan adalah yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Bagaiamana melangsungkan Pemilu langsung, bebas, umum, rahasia, jujur dan adil,” kata Wisnu.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *