Coffee Morning Bersama PWI, Kajari Konawe Selatan Sebut Buka Posko Pengaduan Pemilu 2024

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar coffee morning bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Konsel, Jumat (12/1/2024).

Dalam kesempatan bersama belasan awak media, Kepala Kejari Konsel Hj Herlina Rauf SH MH didampingi Kasi Intel Teguh Oki Triwibowo bersama jajaran mengatakan, penegakan hukum di wilayah Kejari Konsel akan diintensifkan. Baik itu bidang pidana umum (Pidum), pidana khusus (Pidsus) maupun bidang tata usaha negara (TUN).

“Tahun 2023 lalu sejumlah kasus hukum tertangani dengan baik. Mulai dari penyelidikan sampai ke penyidikan semuanya maju di persidangan, termasuk tindak pidana korupsi khususnya pengelolaan dana desa yang salah satunya sudah di vonis majelis hakim,” ujar Herlina.

Menurut orang nomor satu di Adhyaksa Konsel ini, kasus Pidsus yang menonjol adalah tindak pidana penyalahgunaan dana desa. Untuk itu Kejari Konsel secara masif melakukan sosialisasi tentang penggunaan dana desa sesaui dengan aturan yang berlaku.

“Kami intens melakukan sosialisasi termasuk penanganannya, itu mengingat adanya temuan dana desa digadaikan disalah satu bank dengan jaminan ADD atau DD. Karena itu Kejari juga ada penyuluhan hukum Jaksa jaga desa,” katanya.

Selain itu, Kasi Intel Kejari Konsel Teguh Oki Triwibowo menambahkan, dalam rangka melakukan pelayanan hukum, Kejari Konsel juga membuka Posko Pemilu, dengan harapan pelanggaran Pemilu dapat dilaporkan di Posko Pemilu untuk kemudian diteruskan di Sentra Penegakan hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilu.

“Dalam rangka membantu dan menyukseskan Pemilu tahun 2024 di Konawe Selatan, Kejari juga membuka pelayanan atau posko pengaduan Pemilu. Harapannya, baik masyarakat ataupun penyelenggara, dan peserta Pemilu dapat mengadukan atau melaporkan jika menemui atau ada kasus pelanggaran Pemilu,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Konsel Herman mengatakan, coffee morning Kejari bersama PWI Konsel merupakan langkah positif yang terjalin. Harapannya, agar saling mengenal dan saling support, dan seluruh kegiatan-kegiatan penegakan hukum di Kejari Konsel terekspos dan diketahui publik melalui pemberitaan media.

“Ini merupakan silaturahmi yang perlu ditingkatkan. Dengan demikian informasi penegakan hukum di Konsel dapat diketahui untuk kemudian dapat diekspos melalui pemberitaan awak media,” katanya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *