Gandeng Bank BNI, Rutan Unaaha Gelar Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima

Oyisultra.com, KONAWE – Guna meningkatkan budaya pelayanan prima, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Unaaha Kabupaten Konawe, menggandeng Bank BNI Cabang Pembantu Unaaha untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi budaya pelayanan prima bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Rutan Unaaha, yang dilaksanakan di Aula Rutan Unaaha, Senin (11/12/2023).

Pelayanan prima diartikan sebagai pelayanan yang terbaik, yang dapat diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat atau pelayanan prima adalah kemampuan diri kita atau ASN dalam memberikan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat dengan standar yang telah ditetapkan.

Pelaksanaan pelatihan budaya pelayanan prima dimaksudkan, agar para petugas Rutan Kelas IIB Unahaa memiliki pribadi yang mampu memberikan pelayanan prima bagi warga binaan pemasyarakatan maupun bagi pengunjung atau masyarakat umum.

Selain itu, dapat pula diketahui tingkat kinerja penyelenggaraan pelayanan dan ada perbandingan data antara harapan dan kebutuhan masyarakat.

Dalam pelatihan budaya kerja ini, Hendra Hamza selaku Direct Sales Representative membahas 3 kunci penting yakni Pelayanan, Handling Complaint, dan Integritas. Serta memberikan Brilian Ways yaitu 8 perilaku kunci dalam memberikan pelayanan serta SMART service (Sigap, Mudah, Akurat, Ramah, Terampil).

“Dalam memberikan layanan, hendaknya diawali dengan senyuman, sapa dan salam. Gunakan kalimat positif yang mudah dipahami dan nada yang baik. Selain itu gunakan gerak badan yang meyakinkan dan sopan. Jangan lupa berpenampilan dan berpakaian yang menarik namun tetap memperhatikan etika kesopanan,” jelas Hendra.

“Setelah itu, jelaskan dengan baik hal yang dibutuhkan oleh penerima layanan. Usahakan komunikasi dua arah, hindari komunikasi satu arah karena akan berkesan tidak komunikatif,” imbuh Hendra.

Untuk melatih kesiapan dalam pelayanan, Petugas Rutan Unaaha juga diberikan kesempatan untuk mempraktekkan langsung berupa role play standar pelayanan. Selanjutnya, pelatihan dan monitoring berkelanjutan akan dilakukan secara berkala, untuk memastikan standar pelayanan prima di Rutan Unaaha berjalan dengan baik.

Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha, Hery Kusbandono berharap dengan pelatihan ini dapat merubah budaya kerja dan pola pikir guna meningkatkan kualitas pelayanan dan menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Harapan kami selesai pelatihan ini rekan-rekan mendapatkan peningkatan pemahaman, kapasitas, dan kompetensi dalam Pelayanan Prima serta dapat menularkan ilmunya ke rekan kerja yang lain,” tutup Hery Kusbandono.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *