Dispar Sulawesi Tenggara Sukses Gelar Sultra Tenun Karnaval 2023

Oyisultra.com, KENDARI – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses menggelar event Sultra Tenun Karnaval tahun 2023, yang berlangsung di Kota Kendari selama dua hari, Sabtu – Minggu (2 – 3 November 2023) di pelataran Tugu Persatuan Kota Kendari.

Acara dalam rangka peringatan Hari Tenun Nasional (HTN) dengan tema “Tenun Sultra, Dari Sultra Untuk Indonesia” tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto.

Dalam puncak kegiatan panitia mengemas sangat spektakuler, dengan penampilan parade busana tenunan dari 17 kabupaten kota di Sultra.

Seperti Kabupaten Konawe Utara (Konut) menampilkan barisan karnaval dengan cerita legenda tentang Oheo dan Anawai Ngguluri. Seorang pemuda biasa dengan bidadari yang sangat cantik.

Peserta karnaval lainnya dari Kabupaten Muna dengan menampilkan busana hiasan layang-layang motif “kaghati kolope” yang memiliki filosofi keberkahan dan kesakralan masyarakat Muna.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli mengatakan, event Sultra Tenun Karnaval ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Bumi Anoa, dan telah diagendakan sebagai kegiatan rutin tahunan.

“Kita sudah mendapatkan arahan dari Pj Gubernur, kita harap Sultra dapat menjadi tuan rumah untuk kegiatan nasional dan Tenun Sultra dikenal hingga mancanegara,” harapnya.

Guna menggolongkan niatan Tenun Sultra sampai mancanegara, Belli mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk terlibat dalam event nasional.

Dispar sendiri, lanjut Belli, telah melakukan promosi Tenun melalui kerja sama luar dengan para mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri.

“Tahun lalu juga kita mengikuti kegiatan dan kerja sama dengan mahasiswa yang studi di luar untuk mempromosikan Tenun khas Sultra. Kita juga mendorong pelaku ekraf untuk mengisi kegiatan nasional seperti Indonesia fashion week,” pungkasnya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *