Pimpin Operasional dan Anev Kamtibmas Bulanan, Berikut Arahan Kapolres Konawe Selatan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Kepolisian Resor (Polres) Konawe Selatan (Konsel) menggelar operasional dirangkaikan analisa dan evaluasi (Anev) Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) bulanan.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolres Konsel, AKBP Wisnu Wibowo yang dihadiri Kabag Ops AKP Ismail Pali, para Kabag, Kasat, Kasi serta Kapolsek jajaran, bertempat di ruang Wicaksana Leghawa Polres Konsel, Rabu (15/11/2023).

Dalam arahannya, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo menyampaikan, bahwa gelar opersional bulanan kedepan banyak kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Operasi Mantap Brata dalam rangka Pemilu tahun 2023-2024 yang sedang terlaksana, dan pada Desember akan dilaksanakan Operasi Lilin Anoa tahun 2024.

Operasional serta Anev Kamtibmas bulanan ini bertujuan, untuk perbaikan kinerja kedepan. Dalam pelaksanaan paparan memberikan cerminan serta gambaran pelaksanaan tugas kedepan, dan gambaran yang akan dihadapi.

“Rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan semoga hari ini akan lebih baik dari hari kemarin,” ujar Wisnu.

Wisnu menjelaskan, kedepan akan memasuki pelaksanaan Quick Wing Triwulan IV, pelaksanaan Operasi Mantap Brata, dan pelaksanaan Pemilu tahun 2023-2014.

Ia meminta agar meminimalisir kegaduhan yang akan terjadi, selalu koordinasi dengan pihak penyelenggara Pemilu, setiap kegiatan kepolisian di amplifikasi di media sosial, dan tingkatkan kegiatan patroli yang lebih selektif ke titik rawan terjadinya gangguan Kamtibmas.

“Perbanyak kegiatan bersama masyarakat, bila masuk dalam rana hukum maka penyelesaiannya melalui rana hukum pula,” katanya.

Tunggakan perkara segera diselesaikan, berikan kepastian hukum kepada masyarakat. Tingkatkan kegiatan preventif dan preentif.

“Kapolsek jajaran agar memantau kegiatan sekolah di wilayah masing-masing, galang orang tua murid dan para guru untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas, tetap jaga kedisiplinan cegah terjadinya kegaduhan,” jelasnya.

“Siapkan Kamtibmas yang kondusif jelang pelaksanaan Pemilu 2023-2024, antisipasi kegaduhan walaupun sifatnya kecil tapi meresahkan masyarakat. Kegiatan rambang, door to door system Babhinkamtibmas dan pembuatan laporan informasi dan kesiapan Kamtibmas jelang pelaksanaan Pemilu tahun 2023-2024 netralitas harga mati,” tutup Kapolres AKBP Wisnu Wibowo.

Sementara itu, Kabag Ops AKP Ismail Pali menjelaskan terkait situasi Kamtibmas pada bulan September dan Oktober 2023, dimana terjadi jumlah tindak pidana sebanyak 34 kasus, kejahatan konvensional 33 kasus, trans nasional 1 kasus, serta pelanggaran lalu lintas di bulan Oktober 83 kasus.

Pelanggaran tersebut di dominasi swasta sebanyak 33 kasus. Untuk tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2023-2024 daerah pemilihan (Dapil) di wilayah Kabupaten Konawe Selatan sebanyak 6 Dapil.

“Jumlah wajib pilih sebanyak 180.595, dengan jumlah 1000 TPS. 837 TPS berada di wilayah hukum Polres Konsel, dan 163 TPS berada di wilayah hukum Polresta Kendari,” jelasnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *