Ciptakan Kamtibmas Kondusif Jelang Pemilu 2024, Polres Konawe Selatan Patroli Bersama TNI

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 tinggal beberapa bulan lagi, cukup membuat potensi gangguan situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Konawe Selatan (Konsel) meningkat.

Menyikapi situasi tersebut, Polres Konsel bersinergi dengan Kodim 1417 Kendari dalam hal ini Koramil yang ada di wilayah hukum Polres Konsel secara bersama-sama menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Salah satu kegiatan sinergitas yang dilakukan yakni dengan melakukan patroli bersama di daerah-daerah rawan Kamtibmas.

Kabag Ops Polres Konsel, AKP Ismail SH MM selaku Kepala Perencanaan dan Pengendalian Operasi Mantab Brata 2023/2024 mengatakan, bahwa pelaksanaan Operasi Mantab Brata pihak Polres Konsel melibatkan unsur TNI yang ada di wilayah hukum Polres Konsel.

“Operasi Mantab Brata kami laksanakan dengan bersinergi bersama TNI dalam hal ini Kodim 1417 Kendari dan TNI Angkatan Laut Kota Kendari, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat,” ujar Kabag Ops Polres Konsel, AKP Ismail, Rabu (8/11/2023).

Selain itu, Ismail juga menyampaikan, bahwa selain dalam rangka Operasi Mantab Brata, pihak Polres Konsel juga secara rutin melaksanakan patroli bersama dengan TNI guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Konsel.

Sebab, kata Ismail, gar terwujud pemilu damai perlu situasi Kamtibmas yang kondusif. Disamping itu juga ada aspek lain, yakni masyarakat juga harus mendukung dengan mempersiapkan diri menghadapi pemilu berupa kondisi psikologis dengan tidak terpolarisasi, terprovokasi dengan berita-berita hoaks.

“Ini sangat kita harapkan agar masyarakat lebih cerdas dalam menerima informasi ataupun berita-berita di medsos. Polres Konsel menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan masyarakat dalam menjaga situasi dalam tahapan pemilu 2023-2024 yang kondusif aman dan tertib,” katanya.

Menjaga situasi Kamtibmas jelang maupun setelah pelaksanaan pemilu tahun 2023/2024 bukan hanya tanggung jawab TNI Polri, akan tetapi adalah tanggung jawab semua unsur lapisan masyarakat.

“Marilah secara bersama-sama berperan aktif mengawal Sitkamtibmas tetap kondusif, sehingga membuat kita merasa aman dan nyaman,” pungkasnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *