Mahasiswa Unsultra Kembangkan Inovasi Promosi Indekos Muslimah Berbasis Digital

Oyisultra.com, KENDARI – Mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) menunjukkan kepedulian terhadap nasib dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di era transformasi bisnis berbasis digital saat ini.

Pada tahun 2023 ini, melalui program yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek Dikti, salah satu proposal PKM-PI (Penerapan Iptek) kelompok mahasiswa Unsultra yang diketuai oleh Badarudin Sukirno (Program Studi Manajemen) bersama 2 anggotanya, Alfin Alfian Samandi dan Muhammad Arif lolos dan didanai oleh Kemendikbud Ristek Dikti RI dengan judul “Sistem Informasi dan Advertising Berbasis Website Sebagai Media Marketing Indekos Muslimah Di Kota Kendari”.

Saat ditemui, Badarudin Sukirno menjelaskan, ide ini berawal dari adanya masalah yang sering dialami mahasiswa atau calon mahasiswa yang kesulitan dalam mencari tempat tinggal sementara atau rumah kos. Apalagi mahasiswa baru yang berasal dari daerah dan jauh dari keluarga tentu keadaan itu memaksa mahasiswa tersebut untuk mencari kos.

“Berangkat dari sulitnya mencari informasi tentang kos, olehnya itu setelah kami telusuri dan identifikasi menemukan masalah yang terjadi. Sebab, promosi atau iklan yang dilakukan pemilik kos masih secara manual dan tradisional. Didasari dengan permasalahan tersebut kami memiliki ide inovatif untuk membuat sistem informasi berupa website yang memudahkan baik bagi pemilik kos dalam mempromosikan kosnya ataupun mahasiswa/pencari kos dalam menemukan kos,” ujar Badarudin Sukirno, Minggu (15/10/2023).

Setelah dinyatakan lolos, Tim kemudian mulai bergerak sesuai yang telah direncanakan sampai pada terciptanya sistem informasi yang diinginkan yaitu Website Indekos Muslimah.

“Alhamdulilah setelah berhasil membuat website indekos muslimah dan digunakan oleh mitra kami, membawa dampak yang sangat positif terbukti saat kami melakukan wawancara pada mitra yang awalnya kos hanya terisi separuh (3 kamar), namun setelah adanya website indekos muslimah jumlah kamar yang terisi menjadi penuh (6 kamar) dengan kata lain mencapai profit 100%,’ katanya.

“Saya senang karena pada akhirnya dinyatakan lolos pendanaan PKM tahun 2023 setelah melalui proses seleksi yang begitu ketat dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, tentunya ini menjadi sebuah kebanggan bagi saya. Saya menyampaikan terima kasih atas bimbingan dan dukungan yang diberikan oleh pihak kampus juga dosen pembimbing kami Ibu Ridha Taurisma Lajaria S.Si MM, serta terima kasih kepada Kemendikbud Ristek dikti yang telah menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat ini,” lanjutnya.

Tentu hasil dan inovasi dari kegiatan PKM ini memberikan keyakinan kepadanya, untuk merintis usaha dan membangun bisnis sendiri, serta bisa membuat bahagia pemilik indekos khususnya indekos Muslimah.

Menurutnya, inilah yang menjadi kesyukuran dan kebahagiaannya, karena bisa memberikan kontribusi inovasi dan solusi baik untuk masyarakat Kota Kendari dan sekitarnya bahkan untuk Indonesia.

“Saya juga berharap semoga luaran dari kegiatan PKM ini, website seperti ini dapat dikembangkan menjadi sebuah Aplikasi Berbasis Android dan menjadi bisnis sampingan untuk investasi dan tambahan uang biaya kuliah mahasiswa,” pungkasnya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *