Atasi Dampak El Nino, 65 Desa di Konawe Selatan Dapat Tambahan DD Dari Pemerintah Pusat

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Sebanyak 65 Desa di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mendapat tambahan anggaran Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat tahun 2023.

Hal itu disampaikan langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel, Drs Annas Mas’ud kepada wartawan, Kamis (12/10/2023).

“Sebanyak 65 Desa di Kabupaten Konsel yang tersebar di 25 Kecamatan mendapat tambahan anggaran DD. Anggaran tersebut bersumber dari pemerintah pusat tahun 2023, sebesar Rp 116 juta per Desa dan diprioritaskan untuk penanggulangan el nino, bencana kekeringan dan yang berhubungan dengan ketahanan pangan. Serta ketersediaan air bersih,” ujar Annas.

Kata Annas, tambahan DD dari pusat tersebut, masuknya di APBDes perubahan. Ini dibahas di Musyawarah Desa (Musdes) perubahan.

“Kita inginkan hasil Musdes berkualitas, sehingga belanja DD efektif dan sesuai kebutuhan masyarakat yang mendesak. Yakni penanganan kekeringan dan lainnya,” harapnya.

Annas menjelaskan, penetapan 65 Desa ini ditentukan langsung oleh pusat, karena ada indikator penilaiannya dan tidak ada intervensi dari pemerintah daerah (Pemda).

“Salah satunya kinerja pengelolaan keuangan Desa, penyusuan perencanaan Desa tepat waktu dan pelaporannya. Adapun total anggaran keseluruhannya sebesar Rp 7,5 Miliar,” jelasnya.

Saat ini, tambah Annas, DPMD Konsel sudah membuat surat edaran untuk 65 Desa dimaksud, supaya anggaran yang diberikan memprioritaskan bencana alam dan non alam.

“Jadi Desa bisa menggunakan dana tersebut, untuk membeli alkon dan membuat sumur bor. Dan lainnya yang berkaitan erat dengan penanganan el nino, ketahanan pangan dan ketersediaan air bersih,” pungkasnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *