Pertanahan, Kominfo dan Telkomsel Kolaborasi Wujudkan ZI WBK WBBM di Konawe Selatan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Dalam mendukung serta mewujudkan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM). Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Konsel, serta Telkomsel.

Kepala Kantah Konsel, Amrullah menjelaskan, bahwa keterlibatan Dinas Kominfo dan Telkomsel dalam rangka mendukung penerapan ZI WBK dan WBBM di instansi yang dipimpinnya, dengan Tema “Dukungan stakeholder dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Kantah Konsel masuk dalam Pokja VI”.

Hal ini, seiring dengan transformasi digital, Kantah Konsel dituntut untuk mempercepat dalam memenuhi kebutuhan layanan pengguna publik.

“Peningkatan kualitas data, aplikasi sentuh tanahku, survey tanahku, pengaduan pertanahan melalui E-Lapor, konsultasi layanan pertanahan melalui Sultan Konsel. Serta tersedianya standar dan informasi pelayanan, medsos (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, Website/Portal) merupakan upaya Kementerian ATR BPN dan Kantah Konsel dalam mensinergikan dan mengoptimalkan informasi yang dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat atau pengguna layanan,” kata Amrullah, Kamis (12/10/2023).

Dukungan dari dua sektor tersebut, Amrullah berharap dapat membantu dalam menyampaikan informasi-informasi terkait pelayanan yang ada di Pertanahan Konsel, agar menjadi konsumsi publik.

Ia menjelaskan, WBK merupakan predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam manajemen perubahan, penataan tatalaksana, sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Tujuannya, tambah Amrullah, agar terwujud pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi dan nepotisme.

“Dengan program ini, kami berharap pelayanan di Kantah Konsel dapat lebih baik dan berkualitas terhadap pelayanan publik masyarakat. Dan adanya kolaborasi dengan stakeholder, tentunya Kantah Konsel minta dukungan terkait dalam membantu mempublish semua informasi yang dibutuhkan oleh pengguna layanan,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Konsel Hidayatullah sepakat dan akan terus berkomitmen dalam mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi. Hal ini demi membangun satuan kerja yang berada pada zona yang bersih.

“Tentu harapan kita dapat menciptakan lingkungan birokrasi pemerintahan di Konawe Selatan yang bebas korupsi, bersih dalam melayani masyarakat. Nantinya akan dilinkkan antara website pemerintah daerah dengan Website Kantah Konsel, sehingga informasi pertanahan dapat lebih mudah dijangkau dan diterima,” katanya.

Senada dengan Kadis Kominfo, Akor Manajer Telkomsel Syafrudin Arta mengaku, siap mendukung program tersebut melalui percepatan digitalisasi. “Kita ketahui wilayah Konsel ini sangat luas, dengan kolaborasi ini kami berharap dapat memberikan pelayanan internet lebih baik. Disisi lain dengan aplikasi yang saat ini akan kami luncurkan untuk membackup data-data masyarakat,” akunya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *