Hadapi Musim Kemarau, Pemda Konawe Selatan Siapkan Bansos, Pasar Murah Hingga Air Bersih Untuk Warga

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Kekeringan, kebakaran hutan dan lahan serta pemukiman warga belakangan ini harus mendapat perhatian khusus dan kewaspadaan. Pasalnya, musim kemarau saat ini sangat ekstrim dengan suhu panas yang cukup menyengat dan rawan menimbulkan kebakaran dan juga kekeringan.

Terkait musim kemarau yang sangat ekstrim ini membuat Bupati Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H Surunuddin Dangga meminta kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaa dan kehati-hatian, khususnya terhadap kebakaran hutan, lahan dan pemukiman.

“Saat ini, jangankan sengaja dibakar, membuang puntung rokok yang masih menyalah bahkan geseken ranting atau pohon saja bisa menimbulkan kebakaran dengan kondisi panas seperti ini. Karena itu selaku pemerintah sata mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dan waspada atas musim panas ini,” ujar Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga kepada sejumlah awak media saat menggelar coffee moorning di rumah jabatan Bupati, Jum’at (6/10/2023).

Bupati Surunuddin yang didampingi Kepala Dinas Kominfo Hidayatullah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Hasran Parenda, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Benhur Karim, Kepala BPBD Konsel Asruddin Kadis Sosial Nurlita Jaya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Dirut RSUD Konsel dr Jemi Yusup mengaku, pemerintah daerah (Pemda) atas musim kemarau ekstrim juga selalu waspada dan siap melakukan penanganan bencana dan pemberian bantuan kesehatan, pangan dan bantuan sosial.

“Musim kemarau panjang yang saat ini melanda wilayah, khususnya di Konawe Selatan membuat kita semua waspada dan melakukan persiapan. Instansi teknis seperti Dinas Pemadam Kebakaran siap siaga satu kali 24 jam. Begitu juga dengan BPBD, Dinas Sosial dan Ketahanan Pangan selalu siap sedia,” ujarnya.

Orang nomor satu di Konsel itu juga menambahkan, musim kemarau yang ekstrim ini oleh pemerintah juga telah melakukan persiapan-persiapan. Seperti, penyedian bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat yang terdampak, menyiapkan pasar murah di 25 kecamatan, termasuk penyediaan air bersih untuk warga.

“Untuk bantuan sosial dan pasar murah, pekan depan sudah bisa dilaksanakan. Begitu juga dengan pendistribusian air bersih untuk masyarakat sudah dapat dilakukan dengan melakukan monitoring dan menerima permintaan masyarakat. Termasuk memastikan ketersediaan pangan di Konsel melalui Badan Urusan Lagistik (Bulog) di Andoolo,” kata Surunuddin menambahkan.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *