Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Wakapolres Konawe Selatan: Untuk Mengenang Jasa Para Pahlawan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Kepolisian Resor (Polres) Konawe Selatan (Konsel) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023, bertempat di lapangan apel Mako Polres, Minggu (1/10/2023).

Upacata dengan Tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” dipimpin Wakapolres Konsel, Kompol Jupen Simanjuntak yang bertindak sebagai inspektur upacara menggantikan Kapolres, AKBP Wisnu Wibowo.

Dalam amanatnya, Wakapolres Jupen mengatakan, bahwa Hari Kesaktian Pancasila adalah perayaan di bulan Oktober untuk memperingati pentingnya Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia. Peringatan tanggal 1 Oktober tersebut tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI

“Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam aksi G30S PKI pada 30 September 1965 oleh PKI. Korban G30S PKI tersebut terdiri dari 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD,” katanya.

Selain itu, upacara ini juga dapat dijadikan momentum untuk memperdalam rasa nasionalisme dan patriotisme dalam jiwa setiap personel Polri.

“Dengan upacara ini, kita maknai lagi nilai utama dalam butir – butir Pancasila dan ikrar kesaktian Pancasila, sebagai semangat untuk membangun bangsa dan cinta tanah air,” tutup Jupen.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *