PWI Konawe Selatan Resmi Dikukuhkan, Bupati Surunuddin Sebut Wartawan Mitra Strategis Pemerintah

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) resmi dikukuhkan, di Wonua Monapa Hotel dan Resort, Senin malam (18/9/2023).

Pengurus PWI Kabupaten Konsel dikukuhkan langsung oleh Ketua PWI Sultra, Sarjono. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Konsel, Ketua DPRD, Forkopimda, KPU, Bawaslu, Ketua KONI, Ketua KNPI Sultra, pimpinan OPD, dan para pewarta.

Dalam sambutannya, Bupati Kosel, Surunuddin Dangga menyampaikan, wartawan adalah merupakan mitra strategis pemerintah daerah.

Para wartawan yang tergabung dalam kepengurusan PWI Konsel ini adalah rekan kerja yang membantu pemerintah dalam membangun daerah Konsel yang berbasis ekonomi.

“Saya bukan anti kritik, saya senang program saya dibedah untuk progres Konawe Selatan mendatang yang lebih baik,” ujarnya.

“Kepada Ketua PWI, sesungguhnya kita ini saling membutuhkan. Sebenarnya kita ini adalah mitra strategis,” tambahnya.

Diera digitalisasi peran media sangat besar. Sebabnya Bupati Konsel dua periode itu, mengajak PWI Konsel untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam hal-hal yang positif.

“Pemerintah pusat mendorong daerah untuk selalu melakukan inovasi untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga dan Ketua DPRD Irham Kalenggo bersama panitia

Sedangkan, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo mengatakan, pengukuhan pengurus PWI Konawe Selatan ini perlu untuk mendapat apresiasi dari Pemerintah dan stakeholder di Konawe Selatan.

Pasalnya, dengan adanya wadah wartawan melalui PWI, tentunya sudah ada lokus tempat seluruh wartawan berhimpun untuk membantu pemerintah dalam membangun Konsel melalui berita yang disajikan.

“Sebagai Ketua DPRD Konsel, tentunya sangat mendukung terbentuk dan dikukuhkannya organisasi PWI di Kabupaten Konawe Selatan. Kami siap menjadi mitra dan saling bantu membangun Konsel,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Sultra, Sarjono menyampaikan tujuan terpenting PWI Konsel ini terbentuk untuk mendorong iklim informasi yang sehat dan baik untuk masyarakat Konawe Selatan.

Ia juga menyampaikan, PWI Konsel mesti membangun kolaborasi bersama pihak manapun, baik stakeholder, maupun masyarakat.

“PWI harus bisa mewadahi aspirasi teman-teman, tidak hanya pada pemerintah atau DPRD tapi juga menjalin komunikasi baik dengan masyarakat,” bebernya.

Menurut Sarjono, tantangan profesi wartawan adalah membantu memberikan informasi yang valid dan masyarakat lebih mempercayai media mainstream ketimbang informasi yang ada di sosial media.

“Tantangan kita bagaimana, kebenaran informasi yang diterima oleh masyarakat. Kita berharap dengan hadirnya organisasi PWI Konsel, bisa meningkatkan kapasitas wartawannya. Jika anda menemukan berita itu di media maka itulah yang benar, bukan kemudian lebih mempercayai sebaran informasi melaui sosial media,” pungkasnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI. F NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *