Bupati Konawe Bersama Pejabat Eselon II dan Camat “Pelesir” ke Bali, LIRa Sebut Pemborosan Anggaran

Oyisultra.com, KENDARI – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LIRa Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Karmin SH menyoroti pelayanan pada Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe. Pasalnya, Jumat 14 September 2023 terpantau sangat sepi. Kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) nyaris tanpa aktivitas.

Menurut Karmin, beredar kabar para pejabat eselon II dan III (Kadis/Kepala Badan, Kabid-red) dan Camat lagi berada di Pulau Dewata Bali. Hal tersebut diduga menjadi penyebab sepinya aktivitas di daerah setempat.

“Menurut sumber yang bisa dipercaya, para pejabat Konawe tersebut sedang mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Bagian Organisasi dan Kepegawaian (Orpeg) Sekretariat Daerah (Setda) Konawe di Bali. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa,” ujar Karmin.

Gubernur LIRA Sultra ini sangat menyayangkan hal tersebut. Dia menyebut langkah Bupati Konawe menggelar kegiatan di Bali itu bagian dari pemborosan anggaran.

“Kenapa kegiatan itu harus dilaksanakan di Bali. Di Sultra, saya kira masih banyak tempat yang representatif,” kata Karmin.

Seharusnya, kata Karmin, menjelang akhir masa jabatan, Bupati Konawe lebih banyak memperhatikan masyarakatnya yang belum mendapatkan kehidupan yang layak. Bukan membuat kegiatan yang dapat menggerogoti keuangan daerah.

“Kita berharap APH (Jaksa dan Polisi ) tidak menutup mata terkait hal ini,” harap Karmin.

Dari hasil informasi yang diterima DPW LIRA Sultra, tambah Karmin, ternyata acara yang dilaksanakan Pemda Konawe di Bali bedasarkan undangan yang ditandatangani Ir. H. Burhan, M.Si selaku Asisten III Konawe atas nama Sekda Konawe.

“Undangan tertanggal 6 September 2023, Nomor 005/ 117/2023 tersebut dengan agenda Peningkatan Kapasitas SDM mulai eselon II, III dan IV,” tambah Karmin.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Dr Ferdinand ketika dikonfirmasi Oyisultra.com melalui sambungan WhatsApp enggan memberikan tanggapan. Ia menyarankan untuk mengonfirmasi ke Asisten III.

“Oh nanti ditanyakan ke pak asisten tiga,” ujarnya singkat.

Publisher : MAHIDIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *