Bakti Sosial Warnai Pengenalan Kampus Maba Fakultas Hukum Unsultra

Oyisultra.com, KENDARI – Orientasi pengenalan mahasiswa terhadap kehidupan kampus kini makin humanis. Kesan perploncoan, bullying dan berbagai perlakuan atau kekerasan fisik kini sudah ditinggalkan.

Di lingkungan Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), pengenalan kampus kini dikenal sebagai Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Sebelumnya mahasiswa baru telah mengikuti PKKMB tingkat universitas, dengan mendapatkan materi dari berbagai pemateri nasional dan internasional. Terkhusus di Fakultas Hukum Universitas Sulawesi Tenggara, PKKMB dilangsungkan pada Sabtu (16/9/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Unsultra, Dr. St Fatmawati L. SH MH. Dalam kegiatan bertema “Terbinanya Mahasiswa Hukum yang Beradab, Cerdas dan Berdaya Saing dalam Bingkai Internasionalisasi Unsultra” ini beberapa materi disampaikan, yakni berkutat soal akademik, kemahasiswaan, inspirasi dan motivasi.

Di sela-sela PKKMB, diserahkan hadiah kepada Mahasiswa Fakultas Hukum Unsultra atas nama Adrian Maulana, Resky Soleha dan Nur Iqmal Ramadani sebagai peraih medali perunggu dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya Malang.

Mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Sulawesi Tenggara, saat mengikuti PKKMB tingkat universitas

Wakil Dekan, Djohar Arifin, SH MH mengatakan bahwa PKKMB ini memberikan pengenalan mahasiswa baru agar lebih mudah dalam bermahasiswa, juga sudah memiliki rencana kedepan terkait cita-citanya.

“Mereka tidak hanya dikenalkan soal kampus, tetapi juga diberikan motivasi oleh para seniornya agar semangat dalam kuliah dan berprestasi mengharumkan nama kampus,” ujar Djohar.

Selain menerima materi, mahasiswa baru juga melaksanakan giat bakti sosial dengan melakukan pembersihan di wilayah kampus dan memberi bantuan ke panti asuhan.

Ketua Program Studi Ilmu Hukum, La Ode Muhram SH MH mengatakan, bahwa rangkaian kegiatan bakti sosial merupakan bentuk kepedulian sosial yang harus ditumbuhkan mahasiswa sejak dini.

“Kepedulian itu harus tumbuh, kepada masyarakat yang kurang beruntung. Mereka harus dekat. Kelak mereka menjadi yuris yang selalu membantu masyarakat kecil. Semoga ya,” kata Muhram.

Sebagai informasi, Fakultas Hukum Unsultra di tahun 2022/2023 telah menerima mahasiswa baru mencapai 185 orang dan 115 jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Publisher : MAHIDIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *