Dirut Perumda Wawowonua Dukung Terbentuknya PWI Konawe Selatan

Oyisultra.com, KENDARI – Terbentuknya Peersatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui sidang pleno diperluas PWI Sulawesi Tenggara (Sultra) 30 Agustus 2023 lalu, terus mendapat atensi dan dukungan. Diantanya dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Wawowonua Konsel.

Direktur Utama Perumda Wawowonua Konsel, Arif Rachman mengatakan, mendukung terbentuknya PWI Kabupaten Konawe Selatan. Pasalnya, selama Konsel memekarkan diri dari Kabupaten Konawe tahun 2003 lalu, keberadaan wartawan di wilayah otoritas H Surunuddin Dangga dalam menyampaikan berita dan informasi tentang pemerintahan dan pembangunan tidak dapat dipisahkan.

“Kami tentunya mendukung sepenuhnya terbentuknya organisasi wartawan melalui PWI di Konawe Selatan. Sudah 20 tahun Konsel, lembaga yang menaungi wartawan di Konsel kan belum ada. Sehingga dengan adanya PWI di daerah ini adalah langkah maju,” ujarnya kepada jajaran pengurus PWI Konsel saat melakukan audiens di Kendari, Selasa malam (12/9/2023).

Menurut Arif Rachman, dengan adanya organisasi wartawan di daerah memudahkan bagi pemerintah atau lembaga lain, termasuk Perumda Konsel untuk bersinergi dalam memberikan informasi tentang Konawe Selatan, khususnya bagi Perumda yang menjadi bagian dari pemerintah dalam pengembangan usaha untuk peningkatan pendapatan daerah.

“Iya selama ini, karena belum ada organisasi wartawan seperti PWI, kami dalam kegiatan penyampaian informasi atau berita hanya menghubungi personal wartawan yang diketahui. Tetapi dengan adanya wadah PWI sudah dapat memudahkan kami untuk bekerja sama atau menjadi mitra,” ungkapnya.

Mantan Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sultra ini berharap, kehadiran organisasi PWI di Konawe Selatan akan menjadi lembaga yang benar-benar menanungi awak-awak media yang bertugas di Konsel dalam mencari informasi dan membuat berita untuk disampaikan kepada publik melalui media cetak, elektronik dan online secara profesional.

“Kita harap jangan ada yang menyebut wartawan “Abal-abal” wartawan Bodreks dan lainnya. Karena profesi ini sangat penting, sehingga PWI dapat memberikan perlindungan dan juga memberikan peningkatan sumber dayanya dalam menulis berita yang benar dan bukan Hoak,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Konsel Herman didampingi Sekretatis PWI Supyan Hadi dan sejumlah pengurus lainnya mengatakan, bahwa PWI Kabupaten Konsel terbentuk berdasarkan hasil pleno diperluas PWI Sultra per 30 Agustus 2023 lalu. Dari hasil pleno itu menyalebutkan, Konsel sudah dapat dibentuk PWI cabang, dengan syarat mengantongi Kartu Biasa PWI dan telah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Terima kasih atas dukungan dari sejua pihak, termasuk dari Perumda Konsel yang telah bersedia menjadi mitra PWI Konsel untuk membantu memberikan informasi tentang Konawe Selatan yang diliputi 25 Kecamatan ini,” katanya singkat.

Publisher : MAHIDIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *