Polda Sultra Tegaskan tak ada Pungli Pengurusan Plat Nomor Kendaraan

Oyisultra.com, KENDARI – Direktorat Lalu lintas (Dit Lantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menegaskan kepada masyarakat Sultra yang ingin mengurus plat nomor kendaraan khusus, kini dapat langsung menuju Gedung Pelayanan BPKB di Polda Sultra.

Diketahui, Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan yang dikenal masyarakat dengan plat “nomor cantik” adalah tanda atau simbol yang berupa huruf atau angkat atau kombinasi huruf dan angka yang memuat kode wailayah dan nomor registrasi.

Fungsinya sebagai identitas kendaraan bermotor (ranmor) berdasarkan permintaan wajib pajak atau masyarakat dengan membayar PNBP dengan memperhatikan alokasi penomoran kendaran bermotor sesuai ketentuan yang berlaku.

Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda Sultra, Kombes Pol Zainal Rio Chandra Tangkari SH SIK MH melalui Kepala Seksi BPKB, Kompol Lesmana Pramuditya Primajati SIK menjelaskan, bahwa saat ini Dit Lantas Polda Sultra sudah melakukan pelayanan publik berbasis online dengan menggunakan aplikasi ERI (Electronic Registrasi dan Indentifikasi)

“Aplikasi ERI dapat mempermudah masyarakat melakukan pembayaran kendaraan bermotor melalui sistem online dan mencegah terjadinya pungutan liar atau Pungli,” ungkap Kompol Lesmana saat dikonfirmasi, Senin (3/07/2023).

Mantan Kasat Lantas Polres Kendari itu menambahkan, aplikasi ERI merupakan big data kendaraan yang berada di Indonesia. ERI Ini juga dapat membantu pengungkapan tindak pidana kejahatan yang terjadi dengan cara mencari data kendaraan yang sudah terdaftar di Dit lantas Polda Sultra.

“Nomor plat pilihan juga sudah terakreditasi melalu sistem ERI jadi tidak ada pungutan yang dilakukan, karena sudah ada dana PNBP yang di setor ke Negara,” pungkasnya.

Berikut Tarif PNBP NRKB pilihan, Berdasarkan PP No. 60 Tahun 2016 :

– NRKB 1 ANGKA BLANK
RP. 20.000.000

– NRKB 1 ANGKA HURUF
RP. 15.000.000

– NRKB 2 ANGKA BLANK
RP. 15.000.000

– NRKB 2 ANGKA HURUF
RP. 10.000.000

– NRKB 3 ANGKA BLANK
RP. 10.000.000

– NRKB 3 ANGKA HURUF
RP. 7.500.000

– NRKB 4 ANGKA BLANK
RP. 7.500.000

– NRKB 4 ANGKA HURUF
RP. 5.000.000

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *