Tingkatkan PNBP dan Frekuensi Pengapalan, KUPP Molawe Naik Status

Oyisultra.com, KONAWE UTARA – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Molawe Kabupaten Konawe Utara (Konut) naik status menjadi kelas I (satu). Perubahan ini berdasarkan pada peningkatan jumlah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berhasil diraih oleh KUPP Molawe.

Pelaksana Harian (Plh) Kantor UPP Kelas I Molawe, Capt. Sorindra SH M.Mar mengatakan, naiknya status dari Kelas III menjadi Kelas I karena meningkatnya frekuensi pengapalan yang dilakukan oleh pelabuhan. Dan ini disebabkan berbagai faktor, seperti muatan, berlalu lintas, jasa kepelabuhanan, perkapalan, navigasi, konsesi, dan jasa usaha lainnya menjadi penentu dalam peningkatan PNBP yang signifikan.

“Sebagai respons terhadap perubahan status ini, KUPP Molawe telah melakukan perubahan administrasi dan memperkuat kesiapan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pengguna jasa. Upaya ini termasuk optimalisasi sumber daya manusia yang sudah ada guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan,” kata Capt Sorindra, Kamis (8/6/2023).

Selain itu, kata Sorindra, dalam rangka mempermudah tugas para petugas di pelabuhan, KUPP Molawe juga memanfaatkan aplikasi bernama “inafornet”. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi kerja petugas dalam menjalankan tugas sehari-hari.

“Selain itu, KUPP Molawe juga bekerja sama dengan pihak terkait dan pengguna jasa untuk memastikan pelayanan pelayaran tetap optimal,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan, naiknya status KUPP Molawe merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi wilayah kerja Lameruru, Morombo, dan Morosi. Perubahan ini tidak hanya mencerminkan keberhasilan pengelolaan pelabuhan, tetapi juga menjadi bukti kemajuan sektor perhubungan di Sulawesi Tenggara.

“Dengan meningkatnya status KUPP Molawe diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah, dan memberikan keuntungan bagi masyarakat serta para pihak yang terlibat dalam industri perkapalan dan perdagangan di wilayah tersebut,” harapnya.

Capt. Sorindra menambahkan, KUPP Molawe siap melayani dengan standar Kelas 1 yang lebih tinggi, dan para pengguna jasa diharapkan akan merasakan manfaat dari peningkatan pelayanan yang diberikan. Ia juga mengajak pemerintah dan masyarakat untuk tetap mendukung keberlanjutan dan kesuksesan pelabuhan Molawe, sebagai salah satu gerbang penting bagi perdagangan dan perekonomian wilayah Sulawesi Tenggara.

“Dengan status Kelas I yang baru diperolehnya, KUPP Molawe telah menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi kemajuan dan perkembangan sektor perhubungan di Sulawesi Tenggara,” tutupnya.

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *