Resmi Digelar, Turnamen Catur Hugua Cup I Diikuti 268 Peserta

Oyisultra.com, KENDARI – Turnamen Catur Mitra Parlemen Hugua Cup I tahun 2023 resmi digelar dengan diikuti sebanyak 268 peserta dari 17 kabupaten kota se-Sulawesi Tenggara, sekaligus terbesar sepanjang kegiatan catur yang diselenggarakan di daerah ini.

“Sepanjang kejuaran catur diadakan di Bumi Anoa, Sulawesi Tenggara baru kali ini pesertanya cukup banyak, dan ini luar biasa,” kata Plt. Ketua Pengurus Provinsi
Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sultra, Muhammad Usman di Kendari, Jumat (19/5/2023).

Turnamen catur yang seluruhnya disponsori anggota DPR RI Dapil Sultra Ir Hugua itu, dalam rangka untuk menjalin kerja sama pembinaan generasi muda terutama di bidang olahraga catur guna mencari atlet terbaik dalam persiapan menuju kejuaraan nasional bahkan internasional.

“Jadi turnamen catur kali ini sangat luar biasa, karena pesertanya saja selain dari laki-laki yang pesertanya lebih dari 200 orang juga ada perempuan sebanyak 32 orang,” ujar Usman didampingi Wasit Nasional asal Sultra Muhammad Ali Yasin.

Ia mengatakan, turnamen catur yang diselenggarakan di cafe X-Bro kota Kendari, sekaligus memperebutkan hadiah sebesar Rp50 juta dari Hugua yang juga politisi dari Partai PDI Perjuangan Sultra.

Usman menambahkan, turnamen olahraga catur ini juga merupakan bagian dari upaya persiapan khususnya atlet muda, untuk mengikuti pertandingan skala nasional. Seperti beberapa bulan ke depan kita akan menghadapi pra Pekan Olahraga Nasional (PON) Agustus 2023 di Kota Palu Sulawesi Tengah.

Sementara itu, pemerhati catur yang juga anggota Komisi II DPR-RI, Hugua menyampaikan, bahwa turnamen catur ini pertama kali dia selenggarakan. Yang paling menarik dari catur ini adanya ujian kesabaran dan strategi.

“Jadi bermain catur itu juga menguji kesabaran kita, strategi dan sportifitas yang ada dalam pertandingan catur juga sangat relefan dengan seorang bermain politik. Dan ketika kita berbicara soal dalam kekeluargaan, strategi, taktik, dan juga sportifitas yang ada dalam catur, sama modelnya dengan dunia politik sesungguhnya,” ujar
mantan Bupati Wakatobi dua periode itu.

Turnamen catur mitra Parlemen Hugua pertama itu, dibuka langsung Pj. Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu dan juga dihadiri Wasit Internasional Agus Subandrijo.

Rencananya, turnamen catur itu berlangsung selama dua hari (19-20 Mei 2023), dan menariknya turnamen itu juga dihadiri pecatur Master wanita dari Kolaka, Mauduna serta beberapa pecatur dari kalangan Jurnalis di Sultra baik dari PWI, Aji maupun dari IJTI.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *