Semarakkan HUT ke-20, Dinkes Konsel Buka Layanan Kesehatan di Stan Pameran

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Dinas Kesehatan (Dinkes) daerah itu membuka pelayanan kesehatan di stan pameran, seperti penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengecekan asam urat, tensi, gula darah serta kolesterol.

Kepala Dinkes Konsel, dr Boni Lambang Pramana, M Kes menjelaskan, bahwa perkembangan sarana dan prasarana TPSDM kesehatan tahun 2023 dipaparkan pada pameran kali ini.

“Dimana dari 26 Puskesmas yang ada di Konsel, sudah 25 puskesmas yang telah terakreditasi, dan 5 diantaranya sudah menjadi BLUD pada tahun 2022 lalu, serta tahun ini 10 Puskesmas dalam persiapan BLUD,” jelas pria yang akrab disapa Dokbon ini, Selasa (9/5/2023).

Pameran kali ini juga, kata Dokbon, pihaknya menampilkan fasilitas kesehatan mulai dari gedung puskesmas yang telah di bangun sejak tahun 2016 hingga saat ini.

“Tahun ini telah di bangun 3 Puskesmas yaitu Puskesmas Kolono, Lameuru Ranomeeto Barat dan Puskesmas mowila, serta perkembangan sarana dan prasarana ambulans juga kita lakukan di tahun ini, dimana beberapa puskesmas kita akan berikan ambulans dan kendaraan roda dua (motor),” katanya.

Ia menerangkan, tahun ini dan tahun yang akan datang pihaknya akan mengembangkan sistem digitalisasi pelayanan kesehatan terutama untuk mendukung pelaksanaan rekam medik elektronik dan telemedicine di Puskesmas.

“Rencananya akan dikembangkan di semua Puskesmas, sesuai dengan kondisi perkembangan sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas,” terangnya.

Mantan Direktur RSUD Konsel ini berharap, pameran kali ini dapat menjadi hiburan buat masyarakat Konawe Selatan, dan dapat melihat perkembangan Konawe Selatan terutama pembangunan di bidang kesehatan khususnya.

“Melalui kesempatan ini, Dinas Kesehatan menampilkan beberapa kegiatan yang bersifat hiburan bagi masyarakat seperti foto booth dan masyarakat sangat antusias memainkannya. Pelaksanaan ini juga kita harapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *