Resmikan Pabrik Jagung di Kabawo, Rusman Emba: Semoga Dapat Membawa Kesejahteraan Masyarakat Muna

Oyisultra.com, MUNA – Bupati Muna, Ir. LM Rusman Emba mengapresiasi gebrakan yang dilakukan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Muna, Anwar Agigi hingga terbangunnya pabrik jagung yang bisa membawa perubahan kesejahteraan pada masyarakat terutama petani jagung.

Ia menyebut, pabrik jagung yang dibangun bukan hanya ketersedian kebutuhan pakan namun untuk kebutuhan makan dan minuman, dan semoga dapat membawa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Muna.

“Pabrik jagung ini di Indonesia baru tiga yang ada salah satunya di Kabupaten Muna, sehingga saat ini kita membuka lahan 30 hektare sebagai tahap awal,” ucap Bupati Muna dua periode ini.

Sementara itu, lanjutnya, ketersediaan lahan saat ini berkisar 30.000- 40.000 Hektare yang tersebar di kampung lama Kecamatan Tongkuno, dibagian Muna Utara dan Muna Timur.

Rusman menambahkan, saat ini juga pihaknya telah membangun kerja sama dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan untuk pembukaan lahan tambak bertempat di wilayah Muna Timur.

Sementara itu, dalam Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan di Kecamatan Kabawo, Kepala Badan Perencanaa Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muna meminta pada para Kepala Desa (Kades) agar memprogramkan 10 Hektare per desa dalam mendukung pabrik jagung milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna.

“Dengan adanya pabrik jagung akan menghasilkan jagung yang berkuaitas dan memiliki nilai jual yang tinggi hingga membuka lowongan kerja,” katanya.

Lanjutnya, dengan hadirnya pabrik terbesar ke tiga se-Indonesia tantangan yang dihadapi kekurangan bahan baku, yakni jagung hibrida sehingga diharapkan kerja sama dengan kepala desa untuk memprogramkan 10 hektare setiap desanya.

“Kalau bisa di DD bisa diprogramkan 10 hektar per desa sehingga pabrik ini tidak kekurangan bahan baku,” ujarnya.

Musrenbang sekaligus peresmian pabrik jagung terletak di Desa Bea Kecamatan Kabawo yang diikuti Kecamatan Kabawo, Parigi, Tongkuno, Tongkuno Selatan, Bone, Marobo, Kabangka dan Kecamatan Watopute ini turut dihadiri Bupati Muna, Ir. La Ode Rusman Emba, Sekda, Eddy Uga bersama para pimpinan OPD, dan dihadiri para Kepala Desa dan BPD.

Penulis : EBIT VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *