Petani Cabai Sawerigadi Dapat Bantuan Bibit dan Sumur Bor

Oyisultra.com, MUNA BARAT – Pejabat (Pj) Bupati Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. Bahri turun langsung meninjau kondisi para petani cabai Desa Marobea Kecamatan Sawerigadi, Kamis (9/2/2023).

Menggunakan motor trail dan kondisi hujan rintik-rintik tak menyurutkan semangat Bahri guna melihat langsung ladang atau kebun cabai milik masyarakatnya.

Petani cabai, Ambar Wati mengatakan, dalam menanam cabai yang menjadi hambatan adalah kurangnya air untuk keperluan penyiraman tanaman.

“Kami bersyukur Bupati turun langsung dan mendengarkan keluh kesah kami sebagai petani,” ujarnya.

Ditempat yang sama, petani jagung kuning setempat berharap adanya bibit jagung kualitas yang baik.

“Kurangnya bibit Bisi 2, dimana bibit tersebut sangat memuaskan hasil panennya dibandingkan dengan bibit yang ada sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Mubar Bahri menyampaikan, peninjauan secara langsung sebagai upaya menjawab keluh kesah masyarakat.

“Kami turun memastikan tanam cepat panen cabai indofood dan cabai keriting. Selain itu mendengarkan keluh kesah dan melihat langsung hambatan apa yang menjadi kendala selama ini,” ujar Bahri.

Lanjutnya, keluh kesah petani yang menjadi hambatan selama ini akan segera direalisasikan seperti masalah air dan bibit.

“Permintaan sumur bor akan diwujudkan dengan 1 titik dilokasi penanaman cabai. Kemudian, kami akan memberikan bantuan bibit jagung Bisi 2 juga kepada para petani,” jelasnya.

Dalam kunjungan itu, Bahri didampingi Kepala Dinas Pertanian Nestor, dan Kadis Ketahanan Pangan Kepala Inspektorat, Camat Sawerigadi, Kepala Desa Marobea serta masyarakat setempat.

Penulis : FAISAL SM
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *