Mahasiswa KKN-P Unsultra Edukasi Warga Sindangkasih Cara Pembuatan Kripik Keladi

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKN-P) angkatan 45 Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) tahun 2023 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kelompok A di Desa Sindangkasih Kecamatan Ranomeeto Barat (Ranbar) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melaksanakan bakti sosial (Baksos) bersama masyarakat setempat, Jumat (3/2/2023).

Baksos ini meliputi kebersihan lingkungan desa, pemberdayaan ibu-ibu anggota PKK, para kelompok tani khususnya petani keladi serta para pelaku usaha kecil dan mikro yang berada di Desa Sindangkasih.

Koordinator Desa (Kordes), Kadek Astika mengatakan bakti sosial dan pembersihan lingkungan ini dilakukan dalam rangka menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan desa dan taman Desa Sindangkasih Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan.

“Tujuannya untuk menggerakkan dan meningkatkan akan kesadaran serta partisipasi masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan,” kata Kadek Astika.

Mahasiswa KKN-P Unsultra Edukasi Warga Sindangkasih Cara Pembuatan Kripik Keladi
Ibu-ibu PKK Desa Sindangkasih saat belajar membuat kripik

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan salah satu program kerja yang dilakukan kelompok KKN-P ke-45 Unsultra tahun akademik 2022/2023 dibidang sosial masyarakat.

“Mahasiswa peserta KKN-P ke-45 Unsultra juga memberikan bantuan alat kebersihan antara lain, sapu lidi dan senrok sampah/pengki sebagai bagian dari wujud ucapan terimakasih kepada seluruh anggota masyarakat Desa Sindangkasih atas penerimaan mahasiswa peserta KKN-P ke-45 Unsultra selama 30 hari,” ujarnya.

Selain kegiatan kebersihkan lingkungan desa, sambungnya, peserta KKN juga mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan kripik yang bahannya dari ubi keladi, dan merupakan salah satu hasil pertanian masyarakat Desa Sindangkasih.

Serta, kegiatan bimbingan teknik (Bintek) pemasaran online hasil produk UMKM serta pelatihan pengelolaan manajemen keuangan sederhana dalam menjalankan usaha kecil ataupun usaha mikro.

Sementara itu, Kepala Desa Sindangkasih Kecamatan Ranomeeto Barat, Ahmad Supena S.Ip merasa bangga melihat antusias mahasiswa peserta KKN tersebut dalam menggerakkan masyarakatnya untuk ikut serta dalam kegiatan bergotong-royong membersikan lingkungan Balai Desa Sindangkasih.

Bakti sosial ini turut dihadiri Kepala Desa Sindangkasih bersama perangkatnya, ibu-ibu anggota PKK, dan anggota masyarakat.

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *